Rabu, 10 Januari 2018 19:45 WITA

Berkas Diterima, Agus-TBL Pendaftar Keempat Pilgub Sulsel

Editor: Mulyadi Abdillah
Berkas Diterima, Agus-TBL Pendaftar Keempat Pilgub Sulsel
Foto: Fadel

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Berkas pendaftaran pasangan Agus Arifin Nu'mang-Tanribali Lamo (Agus-TBL) akhirnya dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU Sulsel, Rabu (10/1/2018).

Verifikasi ini berjalan cukup lama setelah berkas parpol PPP harus melalui konsultasi ke KPU RI. Maklum, PPP mengalihkan dukungan dari Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) yang maju dari jalur perseorangan.

"Setelah kami video call dengan pihak KPU RI terkait adanya pengalihan dukungan dari PPP dan setelah menghitung jumlah kursi usungan pasangan Agus-Tanribali Lamo, maka jumlahnya 19 kursi. Dengan demikian,  pencalonan Agus-Tanribali Lamo sudah memenuhi syarat," tegas Ketua KPUD Sulsel Iqbal Latief.

Namun, menurut Iqbal, masih ada beberapa berkas administrasi yang perlu dilengkapi oleh pasangan Agus-TBL. 

"Semoga bisa diselesaikan sebelum pukul 24.00 WITA malam ini karena syarat-syarat ini harus dipenuhi sebelum pendaftaran ditutup. Selanjutnya, pihak KPUD Sulsel akan berkoordinasi dengan LO kandidat terkait hal tersebut," tambahnya.

Lebih lanjut, Iqbal menjelaskan bahwa setelah tahapan pendaftaran ini, pihak KPUD Sulsel juga akan berkomunikasi dengan Tim LO atau Tim Penghubung Agus-TBL terkait jadwal pemeriksaan kesehatan kandidat.

"Kita rencanakan pemeriksaan kesehatan pada tanggal 11-12 Januari di RS Wahidin Sudirohusodo, jadi kita pusatkan disana baik kandidat Pilgub maupun Pilkada kabupaten/kota," tandasnya.

Agus-TBL sendiri tercatat sebagai kandidat keempat dan kemungkinan terakhir sebagai kandidat yang akan maju dalam kontestasi Pilgub Sulsel 2018. Agus-TBL maju di Pilgub Sulsel dengan  mengantongi dukungan 19 kursi, masing-masing Gerindra (11 kursi), PBB (1 kursi) serta PPP (7 kursi). Adapun syarat pencalonan untuk maju di Pilgub Sulsel yakni 17 kursi.

Penutupan pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur sendiri akan ditutup oleh KPUD Sulsel pada pukul 24.00 WITA malam ini.