Rabu, 10 Januari 2018 20:47 WITA

Ini Alasan PPP Berpaling ke Agus-TBL

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini Alasan PPP Berpaling ke Agus-TBL
Rizal Syarifuddin didampingi Agus Arifin Nu'mang. Foto: Muh Fadel.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ketua Bappilu DPW PPP Sulsel, Rizal Syarifuddin mengungkapkan alasan mengapa partainya mengalihkan dukungannya dari Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka), ke Agus Arifin Nu'mang-Tanribali Lamo (Agus-TBL) pada Pilgub Sulsel 2018.

Seperti diketahui, sejak Agustus lalu, PPP telah mengarahkan dukungannya kepada IYL-Cakka. Meski, pada akhirnya IYL-Cakka memilih maju lewat jalur perseorangan.

Namun, berstatus partai pendukung, membuat PPP berpikir ulang. PPP akhirnya menerbitkan rekomendasi usungan untuk Agus-TBL, pada Rabu (10/1/2017) dini hari.

Bukan tanpa alasan. Rizal menyebut, berdasarkan kajian DPP PPP dari hasil riset lembaga survei, elektabilitas partainya tidak mengalami kenaikan yang baik, jika tetap teguh bertahan pada kandidat yang maju lewat jalur perseorangan.

"Untuk itulah, kami PPP memutar haluan dan melakukan komunikasi politik yang intensif kepada pak Agus dan Pak Tanribali. Maka dari itu, per dini hari (tadi), PPP memutuskan mengusung Pak Agus dan Pak Tanribali," ungkapnya.

Ini Alasan PPP Berpaling ke Agus-TBL

Lebih jauh, Rizal menjelaskan, meski DPW PPP Sulsel enggan mengantar Agus-TBL untuk mendaftar di KPU, namun hal itu bukan masalah. Sebab, berdasarkan UU Partai Politik No 1 Tahun 2016 Pasal 40 yang menyatakan, jika kepengurusan satu tingkat di bawah pimpinan pusat menolak, maka pimpinan pusat berwenang mengeluarkan mandat, kemudian mengambil alih kepengurusan tersebut.

Berdasarkan mandat yang dikeluarkan oleh DPP PPP ke KPU Sulsel, untuk menggantikan Ketua dan Sekretaris DPW PPP Sulsel, Ahmad Sahar Maimun (Ketua Departemen Hubungan Antar Lembaga DPP) menggantikan M Aras, selaku Ketua PPP Sulsel dan Aswandi (Wakil Ketua Departemen Hubungan Antar Lembaga DPP) menggantikan Asrul Makkulau selaku Sekretaris DPW PPP Sulsel. 

Ini Alasan PPP Berpaling ke Agus-TBL

Tak lupa, Rizal juga menegaskan akan selalu taat dan patuh terhadap perintah partainya. "Saya adalah kader yang bukan taat kepada orang per orang. Saya adalah kader yang taat terhadap Partai Persatuan Pembangunan," pungkasnya.