Kamis, 11 Januari 2018 10:23 WITA

Usungan Hanura untuk Takbir Ditolak KPU Sinjai

Editor: Almaliki
Usungan Hanura untuk Takbir Ditolak KPU Sinjai

RAKYATKU.COM, SINJAI - Berkas B1 KWK dari Partai Hanura untuk pasangan Takyuddin Masse-Mizar Roem yang diperolehnya di menit terakhir, ditolak KPU Sinjai. Sebelumnya, berkas tersebut diantar langsung oleh Ketua DPC Hanura Sinjai, Andi Fajar Yanwar, Rabu malam (10/1/2018), pukul 23.30 WITA.

Sayangnya, Komisioner KPU Sinjai tidak bisa lagi menerima dokumen tersebut dengan beberapa alasan yang sesuai peraturan.

Komisioner Divisi Hukum KPU Sinjai, Ridwan, menjelaskan persyaratan sebagai partai pengusung untuk Hanura tidak bisa lagi dilakukan, karena saat pendaftaran Takbir, telah dilakukan serah terima dokumen disertai tanda terima.

Menurutnya, tidak ada regulasi yang mengatur adanya pencabutan dokumen awal.

“Di salah satu persyaratan paslon yaitu Surat Pernyataan Kesepakatan Partai Politik/ Gabungan Partai Politik dalam Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Sinjai (Model B.2 – KWK Parpol). Sementara pada saat pendaftaran Paslon Takbir, Hanura tidak tercantum dalam dokumen tersebut," ujarnya.

Apalagi, menurut Komisioner KPU Devisi Teknis, Muhammad Naim, bahwa partai Hanura tidak masuk dalam syarat paslon yang diajukan pasangan Takbir pada saat mendaftar, Senin 8 Januari 2018 lalu.

Rombongan partai Hanura yang mendapat penjelasan dari Komisioner KPU Sinjai, akhirnya mengambil langkah penyerahan dokumen hanya kepada tim pemenangan paslon Takbir, disaksikan oleh pihak KPU dan Panwaslu Sinjai.

Meski ditolak, hal tersebut tidak membuat pasangan Takbir gagal, karena KPU Sinjai telah menetapkan jika berkas Takbir yang diajukan dinyatakan bersyarat 8 Januari lalu, dengan diusung oleh 4 partai, yaitu Nasdem 2 kursi, Partai Bulan Bintang 1 Kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 1 Kursi, dan Partai PPP 4 Kursi.