Jumat, 12 Januari 2018 01:01 WITA

IDI: Kandidat Pilkada Sulsel Wajib Berpuasa

Editor: Adil Patawai Anar
IDI: Kandidat Pilkada Sulsel Wajib Berpuasa

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulsel, dr. Ichsan Mustari mengungkapkan, semua kandidat Pilkada Serentak 2018 yang akan mengikuti pemeriksaan kesehatan diwajibkan untuk berpuasa minimal delapan jam sebelum pemeriksaan kesehatan digelar.

"Wajib puasa, minimal 8 jam tidak makan. Mulai pukul 22.00 WITA malam ini sampai 07.00 WITA besok pagi," tegasnya disela-sela pemaparan teknis pemeriksaan kesehatan kandidat oleh IDI di Private Care Center (PCC) RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kamis (11/1/2018) malam.

Disinggung mengenai alasan kewajiban berpuasa bagi kandidat tersebut, Ichsan menjelaskan bahwa hal tersebut berefek sangat signifikan terhadap hasil lab masing-masing kandidat.

"Berpuasa sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan jasmani penting dilakukan karena akan mempengaruhi hasil pemeriksaan di laboratorium. Jika tidak dilakukan itu mempengaruhi hasil lab masing-masing kandidat,” tandasnya.

Sekedar diketahui, tahapan pemeriksaan kesehatan jasmani terhadap semua kontestan Pilkada Serentak Sulsel 2018, baik Pilgub Sulsel maupun untuk Pilkada kabupaten/kota akan melibatkan 34 dokter spesialis yang terdaftar di IDI.

“Semuanya adalah dokter spesialis IDI. Jumlah keseluruhan terdiri dari 34 dokter," pungkas Ichsan.

Adapun tahapan pemeriksaan kesehatan bagi semua kandidat yang akan maju dalam kontestasi Pilkada Serentak 2018 digelar mulai Kamis (11/1/2018) hari ini hingga Sabtu (13/1/2018) mendatang. Tahapan pemeriksaan kesehatan tersebut dipusatkan di Private Care Center (PCC) RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar.