Rabu, 17 Januari 2018 01:02 WITA

Mekanisme Verifikasi Faktual Berubah, Tim Rumah Kita Matangkan Persiapan

Editor: Fathul Khair Akmal
Mekanisme Verifikasi Faktual Berubah, Tim Rumah Kita Matangkan Persiapan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Jelang verifikasi faktual dukungan KTP tambahan bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka), tim pemenangan Rumah Kita intens mematangkan persiapan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Tim Pemenangan Rumah Kita IYL-Cakka, Bahar Ngitung. Menurutnya, persiapan tersebut terutama terkait dengan perubahan mekanisme verifikasi faktual tambahan dukungan tersebut.

"Kita harus lebih siap lagi karena sistem verifikasi faktualnya ini sudah berubah," tuturnya saat dikonfirmasi Rakyatku.com, Selasa (16/1/2018).

Menurut Obama, sapaan akrabnya, verifikasi faktual tambahan dukungan KTP tersebut tidak lagi dilakukan secara door to door, akan tetapi pemilik dukungan KTP akan dikumpulkan dalam satu tempat.

"Tidak didatangi lagi satu persatu setiap person, tapi dikumpulkan dalam satu tempat, misalnya di satu kecamatan atau satu desa untuk diverifikasi. LO yang mengumpulkan di satu tempat kemudian bekerja sama dengan teman-teman verifikator KPU kemudian dilakukan wawancara langsung," urainya.

Lebih lanjut menurut Obama, kendala yang paling bisa dihadapi dalam proses verifikasi faktual tersebut dikarenakan saat ini didaerah sedang musim panen, sehingga bisa saja ada kesulitan dalam mengumpulkan para pemilik KTP dukungan tersebut.

"Sekarang lagi musim panen, makanya itu juga menjadi bahan pemikiran kita. Kita lagi pertimbangkan dulu dengan usulan teman-teman dari daerah, kan ini banyak mau dikerja, kita pilih mana yang lebih efektif dan efisien," tandasnya.

Selain tidak lagi menggunakan sistem door to door, menurut Obama, verifikasi faktual dukungan tambahan IYL-Cakka ini juga tak mesti harus tersebar di minimal 13 kabupaten/kota.

"Tidak lagi perlu sebaran bahwa harus di 13 kabupaten/kota, biar dua atau tiga daerah asal cukup maka selesai," pungkasnya.