Selasa, 23 Januari 2018 02:26 WITA

Andi Fahsar-Ambo Dalle Akhirnya Lawan Kotak Kosong

Editor: Aswad Syam
Andi Fahsar-Ambo Dalle Akhirnya Lawan Kotak Kosong
Pasangan Andi Fahsar Padjalangi dan Ambo Dalle (Tafaddal), saat mendaftar sebagai calon bupati dan wakil bupati Bone di KPU Bone.

RAKYATKU.COM, BONE - Bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati Bone, Andi Fahsar Padjalangi-Ambo Dalle, akhirnya melawan kotak kosong. Itu setelah KPU Bone mengumumkan penantang pasangan bertagline Tafaddal itu, yakni, Risalul Umar-Andi Mappamadeng tidak memenuhi syarat untuk ikut berkontestasi di Pilkada Bone 2018.

Rapat pleno KPU yang digelar Senin malam (22/1/2018), menetapkan pasangan Umar-Madeng tidak memenuhi syarat dukungan e-KTP untuk maju melalui jalur independen. Itu setelah KPU melakukan verikasi jumlah dukungan.

"Jumlah dukungan perbaikan Umar Madeng setelah melalui verifikasi hanya sebanyak 37.303. Kurang 3.055 dari jumlah dukungan yang seharusnya dipenuhi. Yakni 40.358," Kata Ketua KPU Bone, Aksi Hamsah.

Aksi menjelaskan, berdasarkan Peraturan KPU (PKPU), untuk maju sebagai calon perorangan (independen) pasangan calon harus menyerahkan bukti dukungan berupa fotokopi KTP sebanyak 7,5 persen penduduk atau sebanyak 41.980 dukungan.

Maka dengan itu dipastikan, pasangan Umar-Madeng tidak dapat diteruskan ke tahap selanjutnya yaitu tahap verifikasi administrasi dan tahap verifikasi faktual.

"Otomatis pasangan umar-madeng tidak dapat ikut dalam Pilkada Bone, karena tidak memenuhi syarat dukungan. Maka dipastikan hanya ada satu calon yaitu Pasangan incumbent Andi fahsar-Ambo Dalle," tambah Aksi.