Rabu, 24 Januari 2018 11:13 WITA

Program Rp50 Juta Per RT/RW, ARA: Mimpi

Editor: Aswad Syam
Program Rp50 Juta Per RT/RW, ARA: Mimpi
Adi Rasyid Ali (kanan), dalam sebuah rapat.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Salah satu program yang dicanangkan pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) pada Pilwalkot Makassar 2018 menuai tanggapan beragam.

Program Rp50 juta per RT tiap tahunnya dianggap berlebihan. "Saya kira itu bermimpi," kata Wakil Ketua DPRD Makassar, Adi Rasyid Ali, kemarin (23/1/2018).

Menurutnya, program tersebut tidak rasional. Selain program Rp50 juta per RT, insentif ketua RT/RW juga akan disamaratakan sebesar Rp1 juta tanpa ktiteria yang rumit.

"Saya kira masyarakat sudah cerdas yah. Saya juga tidak tahu dari mana dasar anggarannya. Tapi saya kira (program) itu tidak mungkin terjadi. Artinya, sangat tidak masuk akal," terang Ketua DPC Demokrat Makassar tersebut.

Kendati demikian, ARA tak bisa melarang program tersebut untuk dijadikan jualan pada masa kampanye. Ia berpikir, mungkin saja Appi-Cicu dan tim punya kalkulasi lain, sehingga bisa menerapkan programnya jika mampu terpilih kelak.

Lebih jauh ARA memperkiran, jika saja program tersebut ngotot untuk dijalankan ketika mampu terpilih, mesti ada pos anggaran lain yang ditiadakan.

Dia menjelaskan, pemerintah dalam menyusun dan menjalankan program, harus berdasarkan pada Rancangan Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rancangan Program Jangka Panjang Daerah (RPJPD).

"Tidak sekadar memplot anggaran saja. Semua ada ukurannya. Tidak sembarang," pungkas Ketua Pertina Sulsel tersebut.