Jumat, 02 Februari 2018 19:17 WITA

Seluruh Kepala Daerah Sudah Masukkan Surat Cuti

Penulis: Azwar Basir
Editor: Aswad Syam
Seluruh Kepala Daerah Sudah Masukkan Surat Cuti

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pengajuan cuti para bakal calon peserta Pilkada Serentak 2018 yang berstatus incumbent, sudah berproses di Pemprov Sulsel. 

Jelang penetapan pasangan calon 12 Februari mendatang, seluruh kepala daerah sudah mengajukan surat cuti. Kepala Biro Pemerintahan Sulsel Hasan Basri Ambarala mengatakan, surat cuti seluruh kepala daerah sudah ada di pimpinan.

"Kita tinggal menunggu respons dari pimpinan. Setelah ada respons dari pimpinan baru kita kasi turun surat cutinya," ujar Ambarala. 

Peserta pilkada serentak berstatus incumbent yang sudah mengajukan surat cuti yakni, Judas Amir (Wali Kota Palopo), A Fahsar Mahdin Padjalangi (Bupati Bone) dan Iksan Iskandar (Bupati Jeneponto).

Juga ada Muslimin Bando (Bupati Enrekang), Taufan Pawe (Wali Kota Parepare), Danny Pomanto (Wali Kota Makassar), Sabirin Yahya (Bupati Sinjai), Ambo Dalle (Wakil Bupati Bone), Mulyadi Mustamu (Wakil Bupati Jeneponto), Ahmad Syarifuddin (Wakil Wali Kota Palopo), Faisal Andi Sapada (Wakil Wali Kota Parepare), Nurdin Abdullah (Bupati Bantaeng) dan Andi Mudzakkar (Bupati Luwu).

Loading...

"Itu kepala daerah yang telah mengajukan permohonan cuti. Setelah itu kita proses dan akan kita gantikan dengan Plt setelah mereka cuti, untuk Plt hak Gubernur yang menentukan," katanya. 

Menurutnya, berdasarkan PKPU Nomor 4 Tahun 2017 Pasal 64, calon incumbent dalam melaksanakan kampanye, wajib mengajukan izin cuti di luar tanggungan negara selama masa kampanye. 

Cuti kampanye tersebut dilaksanakan pada saat dimulainya kampanye sampai pada berakhirnya tahapan kampanye. Jadi, jumlah hari cuti untuk kandidat incumbent juga selama 129 hari.

"Surat izin cuti disampaikan kepada KPU provinsi atau KIP atau KPU/m atau KIP kabupaten/kota paling lambat pada hari pertama masa kampanye," tutupnya.

Loading...
Loading...