Minggu, 04 Februari 2018 23:31 WITA

Panwaslu Kabulkan Gugatan Umar-Madeng, Ini yang Dilakukan KPU

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Panwaslu Kabulkan Gugatan Umar-Madeng, Ini yang Dilakukan KPU

RAKYATKU.COM, BONE - Setelah Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bone mengabulkan sengketa pilkada yang diajukan bakal pasangan calon (bapaslon), Rizalul Umar-Andi Mappamadeng.

Hal tersebut bedasarkan hasil musyawarah sengketa yang digelar di Kantor Panwaslu Bone, Minggu (4/2/2018). Menanggapi hasil tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bone, angkat bicara.

Ketua KPUD Bone, Aksi Hamsah mengatakan, pihaknya akan menindak lanjuti keputusan Panwas. "Kami akan mempertanyakan putusan Panwas ke desk pilkada pusat, dan juga meminta pandangan Bawaslu RI atas keputusan Panwaslu tersebut," kata Aksi, Minggu (4/2/2018).

Selain itu Aksi juga mengaskan bahwa pihaknya juga akan mempelajari kemungkinan adanya pelanggaran kode etik dari putusan panwas yang telah mengabaikan semua jawaban yang diberikan oleh KPU Bone kepada pemohon.

"Kita juga akan mempelajari semua fitnah dan tuduhan oleh oknum yang di berikan pada KPU tanpa dasar dan bukti, untuk selanjutnya dijadikan dasar melaporkan balik ke lembaga hukum terkait," Tegas Aksi

Diberitakan sebelumnya, perjuangan bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Bone, dr Risalul Umar-Andi Mappamadeng (Umar-Madeng) membuahkan hasil. Panwaslu Bone mengabulkan gugatan dan mempersilakan mereka memperbaiki berkas pencalonannya.

Pimpinan sidang, M Ridwan yang didampingi komisioner Panwaslu Alwi dan Jumriah menyebutkan bahwa KPU wajib memberikan kesempatan kepada pemohon untuk memperbaiki dan melengkapi kekurangan dukungan.

"Keputusan tersebut berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku yaitu Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2017 tentang Tata Cara Penyelesaian Sengketa Pemilihan Umum," kata Ridwan.