Senin, 12 Februari 2018 17:19 WITA

Pilkada Bantaeng Ditetapkan Tiga Pasang, Basmalah Gugur

Editor: Mulyadi Abdillah
Pilkada Bantaeng Ditetapkan Tiga Pasang, Basmalah Gugur
Foto: irmawati

RAKYATKU.COM, BANTAENG - Pilkada Bantaeng 2018 resmi ditetapkan diikuti tiga pasangan calon. Dua pasangan dari jalur parpol dan satu pasang dari jalur independen.

Masing-masing pasangan Ilham Azikin-Sahabuddin (IlhamSAH), Andi Sugiarti Mangun Karim-Andi Mappatoba (Sumanga'NA), dan Muhammad Alwi-Nurdin Halim (Siana'Ta).

Pasangan Ilham Azikin-Sahabuddin diusung Partai NasDem, PKS, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat dan PKPI. Jumlah perolehan sebanyak 15 kursi.

"Untuk pasangan Andi Sugiarti Mangun Karim-Andi Mappatoba gabungan parpol PPP dan PKB sebanyak 5 kursi, dinyatakan dan ditetapkan memenuhi persyaratan pencalonan dan syarat calon," ungkap Komisioner Divisi Tehnis KPU Bantaeng, Andi Harianto dalam rapat pleno, Senin (12/2/2018).

Untuk pasangan perseorangan Muhammad Alwi-Nurdin Halim dukungan memenuhi syarat sebanyak 15.048 dengan sebaran 8 kecamatan. "Dinyatakan memenuhi syarat pencalonan dan syarat calon. Maka pasangan tersebut dinyatakan dapat ditetapkan sebagai paslon," jelasnya.

Sementara dari jalur perseorangan lainnya, pasangan Andi Baso Fahrir-Alam Syahruddin Hanafi (Basmalah) dinyatakan tidak memenuhi syarat. 

Dari pantauan Rakyatku.com, hanya perwakilan dari tiga paslon yang hadir dalam pengumuman hasil penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng, di Aula KPU Bantaeng.

Paslon Muhammad Alwi-Nurdin Halim diwakili oleh tim suksesnya yang mengenakan pakaian biru putih bertuliskan Siana'Ta. Berbeda dengan perwakilan dari tim paslon Andi Sugiarti Mangun Karim-Andi Mappatoba, dihadiri oleh perwakilan partai politik pengusungnya yang mengenakan pakaian warna hijau. Sementara itu, paslon Ilham Azikin-Sahabuddin dihadiri oleh perwakilan tim sukses, serta beberapa partai politik pengusungnya.

Lain halnya dengan bapaslon Andi Baso Fahrir-Alam Syahruddin Hanafi (Basmalah) yang nampak tidak hadir dalam rapat pleno terbuka tersebut. Padahal pihak KPU Bantaeng telah mengundang seluruh bapaslon.

"Kami undang semuanya (4 bapaslon), termasuk Bapak Andi Baso Fahrir-Alam Syahruddin. Dan kita juga mengundang pasangan calonnya. Namun untuk jadwal pencabutan nomor (besok) diharuskan dihadiri oleh paslon," ujarnya.