Senin, 12 Februari 2018 20:02 WITA

Umar-Madeng Masih Berpeluang Lolos Melawan Tafaddal

Editor: Aswad Syam
Umar-Madeng Masih Berpeluang Lolos Melawan Tafaddal
Pasangan Andi Fahsar Padjalang-Ambo Dalle (Tafaddal), saat pendaftaran di KPU Bone.

RAKYATKU.COM, BONE - Ketua Komisi Pemilihan Umum KPUD Bone,Aksi Hamsah curhat di hadapan pasangan Tafaddal saat penyampaian hasil keputusan penetapan calon bupati dan wakil bupati Bone, Senin (12/2/2018).

Aksi saat memberikan sambutan di hadapan Andi Fahsar-Ambo Dalle serta seluruh partai pendukungnya mengatakan, sebelumnya ada hal yang perlu diketahui yaitu polemik terkait adanya dua tahapan.

"Sebenarnya tetap satu tahapan, tahapan yang saat ini kita lakukan adalah tahap pertama pilkada serentak seluruh Indonesia, kemudian atas kasus yang baru saja terjadi yaitu keputusan sengketa yang ada di panwas menganulir keputusan KPU, sehingga kami wajib melaksanakan perintah tersebut," kata Aksi Hamsah.

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan adanya keputusan KPU yang dianulir oleh Panwas, pihaknya telah melakukan langkah-langkah yang menurut regulasi yang ada, pihaknya tidak melakukan pelanggaran.

"Kita sudah menyusun jadwal tapi ini bukan tahapan, di mana jadwal verifikasi perbaikan pasangan calon perseorangan tersebut kita katakan tertunda, karena ada keputusan hukum dan ini sementara berjalan," tambahnya.

Lanjutnya lagi,  penetapan hari ini adalah penetapan calon melalui jalur partai, dan untuk penetapan calon perseorangan dijadwalkan pada 20 Februari mendatang kalau lolos di verifikasi faktual.

Meski pasangan calon perseorangan Umar-Madeng belum ditetapkan hari ini, tetapi untuk jadwal kampanye untuk paslon yang sudah ditetapkan, tetap akan dilaksanakan pada 15 Februari. Selain itu bagaimana dengan pengundian nomor urut paslon.

"Jadwal pengundian nomor secara nasional itu jatuh pada 13 Februari. Nah secara logika jelas tidak bisa dilaksanakan pengundian besok, karena baru 1 calon yang sudah ditetapkan yang namanya undi itu lebih dari satu," kuncinya.

Jadi untuk penetapan kapan akan dilakukan pengundian nomor urut pasangan calon, pihak KPU akan berkoordinasi dengan Panwas dan tim Tafaddal dan Tim Umar-Madeng, dan merencanakan kapan penetapan pengundian nomor urut pasangan calon.