Senin, 12 Februari 2018 21:13 WITA

Tafaddal Belum Pasti Melenggang Sendiri, Ini Alasannya

Editor: Aswad Syam
Tafaddal Belum Pasti Melenggang Sendiri, Ini Alasannya
Suasana sidang gugatan Umar-Madeng di PanwasBone beberapa waktu lalu.

RAKYATKU.COM, BONE - Pasangan Andi Fahsar Padjalangi-Ambo Dalle (Tafaddal) sudah ditetapkan oleh KPU Bone, sebagai calon Bupati dan wakil bupati di Pilkada Bone, Senin (12/2/2018). Namun, pasangan ini belum pasti melenggang sendiri. 

Pasalnya, Panwas Bone mengabulkan seluruh gugatan dr Risalul Umar–A Mappamadeng Dewang (Umar-Madeng) yang maju dari jalur perseorangan. Panwas meminta KPU Bone memberi kesempatan kepada Umar-Madeng untuk melengkapi berkas dukungan. Sehingga kejelasan maju tidaknya Umar-Madeng baru diketahui pada 20 Februari mendatang.

Ketua KPU Bone, Aksi Hamsah saat memberikan sambutan di hadapan Andi Fahsar-Ambo Dalle serta seluruh partai pendukungnya pada pleno penetapan di Kantor KPU Bone mengatakan, sebelumnya ada hal yang perlu diketahui yaitu polemik terkait adanya dua tahapan.

"Sebenarnya tetap satu tahapan, tahapan yang saat ini kita lakukan adalah tahap pertama pilkada serentak seluruh Indonesia, kemudian atas kasus yang baru saja terjadi yaitu keputusan sengketa yang ada di Panwas menganulir keputusan KPU, sehingga kami wajib melaksanakan perintah tersebut," kata Aksi Hamsah.

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan adanya keputusan KPU yang dianulir oleh Panwas, pihaknya telah melakukan langkah-langkah yang menurut regulasi yang ada, pihaknya tidak melakukan pelanggaran.

"Kita sudah menyusun jadwal tapi ini bukan tahapan, di mana jadwal verifikasi perbaikan pasangan calon perseorangan tersebut, kita katakan tertunda karena ada keputusan hukum dan ini sementara berjalan," tambah Aksi.

Penetapan hari ini kata dia, adalah penetapan calon melalui jalur partai, dan untuk penetapan calon perseorangan dijadwalkan pada 20 Februari mendatang kalau lolos di verifikasi faktual.

Sebelumnya, Panwas Bone, mengabulkan gugatan Umar-Madeng, pada  Minggu (4/2/2018) lalu. Anggota Panwas Bone Ridwan Husaifah, yang bertindak sebagai ketua sidang, membacakan hasil putusan gugatan pasangan Umar - Madeng.

Umar-Madeng menggugat karena dari 44.118 e-KTP dukungan yang disetor ke KPU, ada 22.317 yang dianggap KPU tidak memenuhi syarat. Karenanya mereka mengguat dan gugatannya dikabulkan Panwas Bone. Panwas memerintahkan KPU memberikan penambahan waktu terhadap paslon untuk dilakukan perbaikan, sehingga sampai saat ini berkas Umar Madeng masih dalam tahap verifikasi faktual.