13 Februari 2018 10:31 WITATim Rakyatku.Com : Sartika Marzuki - Sutrisno Zulkifli - Rizal

LIVE REPORT: Pengundian Nomor Urut Pilwalkot Makassar

LIVE REPORT: Pengundian Nomor Urut Pilwalkot Makassar

KPU Makassar mengundi nomor urut kontestan Pilwalkot Makassar di Hotel Grand Clarion, Selasa (13/2/2018). Acara dijadwalkan mulai pukul 10:00 WITA. Pilwalkot Makassar diiikuti dua pasang calon, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto-Indira Mulyasari Pamarastuti (DIAmi) dan Munafri Arifuddin-Andi Rachmawati.

  • 13 Februari 2018 12:20

    Pendukung DIAmi dan Appi-Cicu Sepakat Kampanye Damai

    Suasana gaduh yang sempat terjadi antara massa pendukung pasangan calon wali kota dan wali kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti (DIAmi) dan Munafri Arifuddin-Rachmatika Dewi (Appi-Cicu), akhirnya kembali tenang.

    Hal ini terjadi setelah, salah satu simpatisan DIAmi, Arul dari Satuan Siswa Pelajar Mahasiswa Pemuda Pancasila menengahi aksi saling sindir yang dilakukan oleh dua kubu tersebut.

    "Kita semua harus tenang. Saya minta dari tim DIAmi jangan ada provokator. Tolong dari tim Cicu Appi, jangan ada provokator. Kita sepakat damai. Sepakat," teriak Arul.

    Hal senada juga diungkapkan pihak Appi-Cicu, pria berkacama itu meminta agar para simpatisan tidak ada yang terprovokasi selama penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar 2018.

    "Saudara-saudaraku tim Appi, saya minta semua tenang. Sekarang ini pesta demokrasi. Kita netral, jangan ada yang mau terprovokasi," kata dia.

    Ia menambahkan, setiap orang memiliki hak untuk menentukan pemimpin Kota Makassar pilihannya. Namun hal tersebut jangan sampai menimbulkan ketegangan di masyarakat.

  • 13 Februari 2018 12:12

    Appi-Cicu Nomor 1, DIAmi Nomor 2

    Tuntas sudah prosesi pengundian nomor urut kontestan Pilwalkot Makassar. Hasilnya, pasangan Munafri Arifuddin-A Rachmatika Dewi mendapat nomor urut 1 dan pasangan M Ramdhan 'Danny' Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti (DIAmi) meraih nomor urut 2.

  • 13 Februari 2018 12:05

    Appi-Cicu Lebih Dulu Ambil Nomor Urut Undian

    Munafri Arifuddin-A Rachmatika Dewi menjadi pasangan yang pertama naik untuk mencabut nomor urut. Demikian hasil undian untuk nomor antrian pencabutan.

    Lalu disusul pasangan M Ramdhan 'Danny' Pomanto bersama Indira Mulyasari Paramastuti.

  • 13 Februari 2018 11:59

    Cicu dan Indira Ambil Nomor Antrian

    A Rachmatika Dewi (Cicu) dan Indira Mulyasari Paramastuti mengambil nomor undian. Pengambilan nomor ini untuk menentukan siapa kandidat yang lebih dahulu mencabut nomor urut.

    Pengundian pengambilan nomor urut dengan memecahkan balon berwarna hitam.

  • 13 Februari 2018 11:52

    Deng Ical Hadiri Pengundian Nomor Urut Kandidat Pilwalkot Makassar

    Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal alias Deng Ical turut hadir dalam pengundian nomor urut kandidat Pilwalkot Makassar 2018.

    Politisi partai Golkar ini nampak duduk dibarisan paling depan, diantara pasangan Appi-Cicu dan Danny-Indira. 

    Saat ini, rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon walikota dan wakil walikota Makassar tahun 2018 telah dimulai. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan pembacaan doa.

  • 13 Februari 2018 11:48

    Live Streaming Pengundian Nomor Urut Kontestan Pilwalkot Makassar

  • 13 Februari 2018 11:28

    DIAmi Tiba di Lokasi Pencabutan Nomor Urut

    Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti (DIAmi), tiba di Clarion Convention & Hotel, Jalan AP Pettarani, Makassar, Selasa (13/2/2018) pukul 11.27 Wita.

    Pasangan yang bakal berlaga dalam Pemilihan Wali Kota Makassar (Pilwalkot) 2018 ini, akan memasuki tahapan pencabutan nomor urut.

    Berdasarkan hasil penetapan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, ada dua pasang calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, yang akan berlaga dalam Pilkada secara serentak pada 27 Juni 2018 mendatang.

  • 13 Februari 2018 11:26

    Appi-Cicu Tiba di Hotel Grand Clarion

    Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) tiba di lokasi pengundian nomor urut pasangan calon kandidat Pilwalkot Makassar 2018 di Hotel Grand Clarion  Jalan AP Pettarani Makassar, Selasa (13/2/2018) siang.

    Appi-Cicu tiba sekitar pukul 11.00 WITA didampingi LO dan ratusan simpatisan dan pendukungnya. Namun  pendukung Appi-Cicu hanya memadati jalanan depan hotel Grand Clarion. 

    Sesuai peraturan KPU, pasangan calon hanya diperbolehkan membawa massanya kedalam tempat pengundian nomor urut maksimal 50 orang.

    Adapun pengundian nomor urut yang sedia kalanya akan dimulai pukul 10.00 WITA molor dan belum dimulai sampai sekarang.

    Sementara itu, pasangan calon lainnya, yakni Mohammad Ramdhan Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti (Danny-Indira) sampai berita ini diturunkan belum tiba di lokasi pengundian nomor urut ini.

  • 13 Februari 2018 11:23

    Tata Cara Pencabutan Nomor Urut

    Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar sesaat lagi akan melakukan pencabutan nomor urut untuk Pilwalkot Makassar, di Hotel Grand Clarion, Makasar, pada Selasa (13/2/2018).

    Menurut Komisioner KPU Makassar, Abdullah Manshur, ada tata cara yang dilakukan pada saat pengundian nomor urut nantinya.

    Awalnya, dilakukan pencabutan nomor antrian oleh calon wali kota. "Kan cuma ada dua calon ini. Maka yang pertama naik untuk ambil nomor antrian pencabutan nomor urut itu yang pertama mendaftar di KPU saat pendaftaran bakal calon yang lalu," kata Manshur, saat ditemui di lokasi acara.

    Berdasarkan pendaftar, pasangan Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti (DIAmi) yang mendaftar ke KPU Makassar, pada tanggal 8 Januari lalu. Sementara, pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) melakukan pendaftaran pada 10 Januari.

    "Berarti Indira yang pertama kali naik untuk tarik nomor antrian," ucapnya.

    Setelah ada nomor antrian, lanjut Mashur, kandidat yang mengambil nomor antrian terkecil, akan terlebih dahulu naik ke podium untuk melakukan pencabutan nomor urut calon.

    "Dan yang naik untuk cabut nomor urut itu calon wali kota-nya," imbuhnya.

    Manshur mencontohkan, apabila Indira menarik nomor antrian 2, maka, secara otomatis yang akan melakukan pencabutan nomor urut yang pertama ialah dari pihak Appi-Cicu. "Begitu pun sebaliknya," terang Manshur.

  • 13 Februari 2018 10:57

    Antusiasnya Ribuan Simpatisan DIAmi

    Ribuan simpatisan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto dan Indira Mulyasari Paramastuti (DIAmi), ikut mengantar kandidat unggulannya di Pilwalkot Makassar 2018.

    Pasangan calon yang maju lewat jalur independen ini akan mengikuti tahapan pencabutan nomor urut, di Clarion Convention & Hotel, Jalan AP Pettarani, Makassar, Selasa (13/2/2018).

    Ribuan simpatisan, baik wanita maupun pria terlihat begitu antusias. Mereka terus menyanyikan yel-yel dan meneriakan "OPPO KI", sebagai bentuk dukungan terhadap DIAmi.

  • 13 Februari 2018 10:49

    DIAmi Menuju Lokasi Acara

    Pasangan Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti sudah menuju ke lokasi pengundian nomor urut, Hotel Grand Clarion, Selasa (13/2/2018).

    Rombongan berangkat dari kediaman pribadi Danny Pomanto, Jalan Amirullah. Simpatisan terlihat kompak menyenakan atribut berwarna orange.

  • 13 Februari 2018 10:38

    Simpatisan Padati Kediaman Danny Pomanto

    Jelang pencabutan nomor urut, kediaman Calon Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto dipadati simpatisan DIAmi (Danny Pomanto-Indira Mulyasari), Jalan Amirullah, Selasa (13/2/2018).

    Simpatisan yang terlihat kompak menyenakan atribut berwarna orange ini, berkumpul mulai Jalan Lonto Daeng Pasewang hingga kediaman Danny Pomanto.

    Para pendukung mengaku akan ikut mengantar Danny ke lokasi pencabutan di di Clarion Convention & Hotel, Jalan Andi Pangerang Pettarani, Makassar.

  • 13 Februari 2018 10:31

    Nomor Urut Calon Wali Kota Makassar

    KPU Makassar mengundi nomor urut kontestan Pilwalkot Makassar di Hotel Grand Clarion, Selasa (13/2/2018). Acara dijadwalkan mulai pukul 10:00 WITA. 

    Pilwalkot Makassar diiikuti dua pasang calon. Yakni Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto-Indira Mulyasari Pamarastuti (DIAmi) dan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu).

  Live Report Terkait