Selasa, 13 Februari 2018 11:30 WITA

Begini Tata Cara Pencabutan Nomor Urut Kontestan Pilwalkot Makassar

Editor: Mulyadi Abdillah
Begini Tata Cara Pencabutan Nomor Urut Kontestan Pilwalkot Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar sesaat lagi akan melakukan pencabutan nomor urut untuk Pilwalkot Makassar, di Hotel Grand Clarion, Makasar, pada Selasa (13/2/2018).

Menurut Komisioner KPU Makassar, Abdullah Manshur, ada tata cara yang dilakukan pada saat pengundian nomor urut nantinya. Awalnya, dilakukan pencabutan nomor antrian oleh calon wali kota.

"Kan cuma ada dua calon ini. Maka yang pertama naik untuk ambil nomor antrian pencabutan nomor urut itu yang pertama mendaftar di KPU saat pendaftaran bakal calon yang lalu," kata Manshur, saat ditemui di lokasi acara.

Berdasarkan pendaftar, pasangan Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti (DIAmi) yang mendaftar ke KPU Makassar, pada tanggal 8 Januari lalu. Sementara, pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) melakukan pendaftaran pada 10 Januari.

"Berarti Indira yang pertama kali naik untuk tarik nomor antrian," ucapnya.

Setelah ada nomor antrian, lanjut Mashur, kandidat yang mengambil nomor antrian terkecil, akan terlebih dahulu naik ke podium untuk melakukan pencabutan nomor urut calon. "Dan yang naik untuk cabut nomor urut itu calon wali kota-nya," imbuhnya.

Manshur mencontohkan, apabila Indira menarik nomor antrian 2, maka, secara otomatis yang akan melakukan pencabutan nomor urut yang pertama ialah dari pihak Appi-Cicu. "Begitu pun sebaliknya," terang Manshur.