Rabu, 14 Februari 2018 12:16 WITA

Dilarang Konvoi Saat Kampanye

Editor: Mulyadi Abdillah
Dilarang Konvoi Saat Kampanye
Foto: Dok

RAKYAYKU.COM, MAKASSAR - Pendukung bakal calon kepala daerah dilarang untuk melakukan konvoi saat ingin menjalankan agenda kampanye. Larangan itu tertuang dalam PKPU No 4 Tahun 2017.

Demikian diungkapkan oleh Komisioner KPU Makassar, Andi Syaifuddin. Makanya, dia mengingatkan kepada kandidat maupun timnya, untuk tidak melakukan hal-hal yang dilarang dalam aturan.

Jika hal itu tetap dilakukan, lanjut Syaifudin, maka pihaknya akan berkoordinasi kepada Panwas untuk diberi peringatan. "Karena dalam PKPU itu diatur sampai sedetail itu. Konvoi itu dilarang," katanya, saat dikonfirmasi Rabu (14/2/2018).

Dia menjelaskan, fenomenanya sejauh ini yakni, banyak tim yang berkelit, jika yang dilakukan pihak tim bukanlah konvoi. Padahal, tafsiran konvoi yang dimaksud ialah berkumpulnya tim di satu titik tertentu lalu bersama-sama menuju lokasi kampanye. 

"Makanya, jangan janjian di titik tertentu. Sebaiknya, baik tim, relawan dan simpatisan itu janjian langsung di lokasi kampanye. Bukan di tempat lain baru berbarengan ke lokasi kampanye. Itu konvoi namanya kalau begitu," tegasnya.