Rabu, 14 Februari 2018 19:43 WITA

Desain APK 3 Paslon Pilgub Sulsel Diminta Diperbaiki

Editor: Adil Patawai Anar
Desain APK 3 Paslon Pilgub Sulsel Diminta Diperbaiki

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengecek satu-satu desain Alat Praga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel. Seluruh perwakilan tim paslon, dihadirkan dalam rapat koordinasi bersama, di kantor KPU Sulsel, Rabu (14/2/2018).

Komisioner KPU Sulsel, Faisal Amir memimpin langsung rapat koordinasi itu. Hadir juga, komisioner Bawaslu Sulsel, Azry Yusuf.

Pada kesempatan itu, seluruh desain APK dan BK ditampilkan dalam sebuah proyektor. Setiap LO paslon yang hadir, mengamati desain APK dan BK paslon lain.

Hasilnya, tiga desain ABK dan BK paslon diminta KPU untuk diperbaiki. Sebab kebanyakan, terdapat foto orang yang bukan pengurus parpol pengusung.

Seperti desain yang disetor pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka). Background desain ABK dan BK paslon perseorangan ini, terdapat foto politisi PPP, Amir Uskara.

''Dalam aturan disebutkan, tidak boleh ada foto presiden, dan yang bukan pengurus parpol pengusung,'' kata Faisal Amir.

Begitu pula dengan desain ABK dan BK paslon Agus Arifin Nu'mang-Tanribali Lamo (Agus-TBL) dan Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman (NA-ASS). Di background desain Agus-TBL, juga terdapat foto orang yang bukan pengurus parpol. Di desain NA-ASS, selain alasan di atas, juga terdapat foto fasilitas negara milik pemkab Bantaeng.

''Di brosur banyak foto di dalam, itu bukan pengurus partai. Pamflet juga diganti,'' tambah Faisal.

Untuk paslon Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar tidak ada yang diminta dilakukan perbaikan. Hanya harus menyerahkan hard copy desain, yang juga harus disetor besok.

Perbaikan desain APK dan BK itu, harus disetor kembali LO masing-masing paslon ke KPU Sulsel, pada Kamis (15/2/2018) besok.