Rabu, 14 Februari 2018 20:38 WITA

Pakar Politik:Figur Danny Masih Kuat Pilwalkot Makassar

Editor: Trio Rimbawan
Pakar Politik:Figur Danny Masih Kuat Pilwalkot Makassar
Petahana Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto dan warga sedang berfoto bersama beberaa waktu lalu.

RAKYATKU.C0M,MAKASSAR --Ajang unjuk kekuatan akan tersaji pada Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar tahun ini. Apalagi, tahapan awal kampanye kandidat akan dimulai pada 15 Februari 2018. 

Petahana Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto berhadapan dengan Munafri Arifuddin (Appi) yang diusung koalisi gemuk 10 Partai Politik (Parpol). Sementara sang petahana Danny Pomanto memilih untuk bertarung lewat koalisi rakyat ditambah dukungan dari Demokrat serta 4 parpol non parlemen.

Dalam analisanya, Pakar Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Syahrir Karim menuturkan, diperhelatan pesta demokrasi ini, keunggulan kandidat sangat dipengaruhi oleh faktor kefigurannya dan bukan  jumlah koalisi parpol yang dimiliki untuk menjamin kemenangan.

"Adu program dan faktor figur saya kira masih menjadi faktor utama mempengaruhi pemilih. Bukan seberapa banyak parpol pendukung," kata Syahrir Karim.

Ia mengaku Danny memiliki tingkat popularitas yang lebih tinggi ketimbang Appi yang tergolong pendatang baru dalam kontestasi perpolitikan. Artinya Danny masih sangat kuat di Pilwalkot Makassar.

Apalagi, ketokohan Danny selama menjabat sebagai Wali Kota Makassar tentu memiliki tempat tersendiri di kalangan masyarakat . Pasalnya, berbagai program dan kemajuan Kota Makassar saat ini menjadi modal utama untuk menigkatkan elektabilitas dan popularitasya.

"Status sebagai incumbent membuat figur Danny lebih unggul," terangnya.

Meski demikian, lanjutnya, pertarugan head to head di pilwalkot Makassar akan sangat seru dan menarik. Tentu kedua pasangan akan memaksimalkan kekuatan dan strategi politik yang mumpuni untuk saling menumbagkan.