Kamis, 15 Februari 2018 10:10 WITA

Cegah Politik Uang, Polda Sulsel Bentuk 25 Satgas Khusus

Editor: Aswad Syam
Cegah Politik Uang, Polda Sulsel Bentuk 25 Satgas Khusus
Ilustrasi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komitmen Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel untuk memberantas money politics dalam perhelatan Pilkada 2018 bukan main-main.

Hal tersebut dibuktikan dengan dibentuknya 25 satuan tugas (Satgas), khusus menangani pelanggaran-pelanggaran yang terkait dengan politik uang.

"Sudah ada Satgas yang kita bentuk untuk money politics. Di ruang lingkup Polda Sulsel ini ada 25 Satgas yang terbentuk," tutur Kapolda Sulsel, Irjen Pol Umar Septono saat ditemui di Hotel Grand Clarion, Jalan AP Pettarani, Rabu (14/2/2018) sore.

Menurut Umar, Satgas tersebut berada di semua tingkatan Polda Sulsel, mulai dari tingkat kecamatan sampai provinsi, bahkan jejaringnya sampai di Mabes Polri.

"Itu ada di semua tingkatan, dari tingkat paling bawah sampai di Mabes Polri," tambahnya.

Selain money politics, Polda Sulsel juga menaruh perhatian serius pada pelanggaran-pelanggaran dalam bentuk ujaran kebencian, terutama selama masa kampanye kandidat peserta Pilkada Serentak 2018 yang resmi dimulai Kamis (15/2/2018) hari ini.

"Satgas cyber juga ada untuk mengantisipasi ujaran kebencian dalam rangka Pilkada serentak ini. Khusus untuk memantau ujaran kebencian di media sosial, kita memiliki empat alat yang cukup canggih," ujarnya.

Oleh karena itu, Kapolda yang menggantikan Irjen Pol Muktiono ini, berharap dan mewanti-wanti seluruh elemen yang terlibat dalam Pilkada Serentak 2018, agar tidak melakukan hal-hal yang dapat mencederai pesta demokrasi tersebut.

"Khusus untuk money politics dan ujaran kebencian, lebih baik saya ingatkan sekarang, bahwa jangan coba-coba bermain di area tersebut, karena aturan hukumnya sudah sangat jelas. Dari pada nanti masuk sel, tidak ada yang nengok baru menyesal," pungkasnya.