Kamis, 15 Februari 2018 12:38 WITA

Dua Kali Kampanye Terbuka, IYL-Cakka Persiapkan Makassar dan Sidrap

Editor: Aswad Syam
Dua Kali Kampanye Terbuka, IYL-Cakka Persiapkan Makassar dan Sidrap
Pasangan IYL-Cakka salam punggawa

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) hanya memperbolehkan setiap pasangan calon di Pilgub Sulsel 2018, melakukan kampanye terbuka sebanyak dua kali. Aturan akan dimanfaatkan sebaik mungkin pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka).

Bahkan, saat ini tim pemenangan IYL-Cakka sudah mempersiapkan dua lokasi, yang menjadi rencana awal untuk menggelar kampanye terbuka tersebut.

"Kampanye kita sudah siap laksanakan. Kampanye terbuka kan hanya dua kali yang diberikan oleh KPU, kita persiapkan Makassar dan Sidrap untuk itu," ungkap Ketua Tim Pemenangan Rumah Kita IYL-Cakka, Bahar Ngitung, saat dikonfirmasi, Kamis (15/2/2018).

Menurut Obama, sapaan akrabnya, dipilihnya kedua kota tersebut sebagai rancangan awal lokasi kampanye terbuka pasangan yang maju lewat jalur independen tersebut, telah melalui berbagai pertimbangan yang matang.

"Kita pilih Makassar karena di sini kan pemilih terbanyak, kalau Sidrap itu ada di tengah-tengah. Jadi kita memberikan kesempatan kepada konstituen dan rakyat untuk mendengarkan visi misi serta bagaimana penampilan kami punya figur. Di sana (Sidrap) kita anggap itu daerah tengah, dari Luwu Raya, Toraja dan Ajattappareng bisa hadir di sana," urainya.

Khusus untuk kampanye tertutup, Obama mengaku juga sudah mempersiapkan berbagai rancangan jadwal beserta titik-titik yang akan dikunjungi oleh pasangan IYL-Cakka.

"Dalam satu hari itu kita rancang sekitar 11 titik, tapi itu kampanye dialog tertutup, dialog terbatas namanya," tandasnya.

Meskipun demikian, pihak IYL-Cakka tetap menunggu instruksi dan arahan dari KPUD Sulsel, terkait jadwal dan agenda serta atribut kampanye apa saja yang diperbolehkan nantinya.

"Kita tetap menunggu petunjuk dari KPU tentang apa yang bisa dan tidak bisa. Makanya kami fokus mencoba menjual program dan menjual figur," ujarnya.

Disinggung mengenai atribut-atribut IYL-Cakka yang sudah terpasang, Obama mengaku timnya sudah mulai melakukan penertiban, sesuai dengan aturan yang berlaku dalam PKPU terkait atribut kampanye.

"Alat peraga kita ikut semua peraturan KPU. Kita mau coba ini zero action dari Pak Ichsan dan Pak Cakka. Kita sudah mulai turunkan atribut kita, dalam sehari itu kita target turun 500-1000 atribut kita se Sulsel. Kita turunkan karena kita akan patuh pada semua ketentuan yang digariskan oleh KPU. Kita ingin menang dengan elegan dan tanpa cacat," pungkas anggota DPD RI tersebut.

Sekadar diketahui, tahapan pelaksanaan kampanye untuk Pilkada Serentak 2018 dimulai Kamis (15/2/2018) hari ini, sampai tanggal 23 Juni mendatang. Jadwal kampanye ini sesuai dengan Peraturan KPU 2 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2018.