Kamis, 15 Februari 2018 15:38 WITA

Baliho Melanggar Masih Bertebaran di Soppeng

Editor: Mulyadi Abdillah
Baliho Melanggar Masih Bertebaran di Soppeng
Atribut pasangan calon yang masih berdiri tegak di Jalan Kayangan, Kecamatan Lalabata, Watansoppeng pada Kamis, (15/2/2018).

RAKYATKU.COM, SOPPENG - Tahapan kampanye Pilgub Sulsel sudah dimulai pada hari ini, Kamis (15/2/2018). Namun, atribut pasangan calon yang melanggar masih bertebaran di berbagai ruas jalan, Kabupaten Soppeng.

Seperti yang terlihat di Jalan Kayangan, Kecamatan Lalabata, Watansoppeng. Atribut bergambar kandidat masih berdiri tegak dekat masjid. Padahal, segala alat peraga pasangan calon disediakan dan dipasang oleh KPUD dititik yang ditentukan.

Ketua Panwaslu Kabupaten Soppeng, Winardi menjelaskan,  penertiban alat peraga kampanye (APK) tersebut telah dikordinasikan kepada Pemerintah Kabupaten Soppeng sejak 4 hari yang lalu.

"Berdasarkan PKPU Nomor 4 tahun 2017, maka kami telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Soppeng dan akan merekomendasikan KPU Kabupaten Soppeng terkait penertiban APK tersebut, nanti KPU akan menindak lanjuti," jelasnya, Kamis (15/02/2018).

Terkait penertiban tersebut, lanjutnya, pihaknya hanya memiliki kewenangan untuk sekadar mengawasi penertiban yang dilakukan oleh Satpol PP.

"Nanti Pol PP yang eksekusi atas koordinasi dengan KPU. Kami hanya mengawasi," ujar Winardi.

Kepala Bidang Trantib Satpol PP Kabupaten Soppeng, Amiruddin yang dikonfirmasi mengatakan, pihaknya belum mendapatkan perintah langsung dalam hal ini Panwaslu atau KPU untuk menertibkan baliho yang bertebaran di Soppeng.

"Kami tidak berani untuk mengambil langkah menertibkan baliho jika tidak ada perintah. Saat ini kami masih menunggu koordinasi dari Panwaslu dan KPU, juga untuk mengetahui baliho jenis apa yang harus ditertibkan," katanya.