Senin, 19 Februari 2018 16:39 WITA

Persamaan Basmin Mattayang dan Judas Amir di Pilkada 2018

Editor: Adil Patawai Anar
Persamaan Basmin Mattayang dan Judas Amir di Pilkada 2018

RAKYATKU.COM, PALOPO - Dua kandidat calon kepala daerah Basmin Mattayang dan Judas Amir diketahui memiliki banyak kesamaan. Kendati keduanya akan bartarung di dua daerah berbeda, dimana Basmin Mattayang Maju di Pilkada Luwu, Sementara Judas Amir Maju di Pilkada Palopo, namun keduanya memiliki banyak kesamaan.

Persaman terlihat dengan partai pengusung mereka. Diantaranya Partai NasDem, PBB, PPP, PKS, Demokrat dan  Partai PAN.

Berikut beberapa fakta-fakta persamaan yang berhasil dihimpun oleh Rakyatku.com: 

1. Dalam 3 kali pilkada langsung yang diselenggarakan di Kabupaten Luwu dan Palopo Kota, keduanya sama-sama menggunakan nomor urut satu.

2. Basmin Mattayang dan Judas Amir merupakan putra daerah dari wilayah yang sama, yakni Kecamatan Kamanre Kabupaten Luwu.

3. Keduanya pernah mengalami kekalahan dari petahana yang ikut bertarung pada pilkada di dua daerah tersebut. Dimana Basmin Mattayang ditaklukkan oleh petahana Bupati Luwu, Andi Mudzakkar pada Pilkada Luwu 2012, sementara Judas Amir ditaklukkan oleh petahana Walikota Palopo, HPA Tendriadjeng pada Pilwalkot Palopo 2004.

4. Keduanya pernah menjabat kepala daerah di dua daerah tersebut, Basmin Mattayang merupakan Bupati Luwu Periode 2004-2008 sementara Judas Amir Merupakan Wali Kota Palopo periode 2013-2018.

5. Pada pilkada 2018 ini, kedua kandidat tersebut, juga sama-sama menggandeng kandidat yang pernah menaklukkannya di Pilkada pada dua daerah tersebut.

Dimana Basmin Mattayang pernah ditaklukan oleh pasangannya yakni Syukur Bijak, pada pilkada 2008 yang kalah itu, berpasangan dengan Andi Mudzakkar. Sementara Judas Amir juga pernah ditaklukkan oleh pasangannya yakni Rahmat Masri Bandaso pada pilwalkot Palopo 2004 silam.