Senin, 19 Februari 2018 20:04 WITA

Umar-Madeng Gagal, Tafaddal Lawan Kotak Kosong

Editor: Aswad Syam
Umar-Madeng Gagal, Tafaddal Lawan Kotak Kosong
Pleno yang digelar KPU Bone

RAKYATKU.COM, BONE -- Pasangan petahana, Andi Fahsar Padjalangi-Ambo Dalle, akan melawan kotak kosong pada Pilkada Bone 2018. Itu setelah, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bone, memutuskan bahwa berkas dukungan dr Risalul Umar-Andi Mappamadeng (Umar-Madeng), tidak memenuhi syarat.

Hal ini diputuskan KPU Bone dalam rapat pleno bersama dengan PPK, terkait rakapitulasi dukungan berkas Umar-Madeng yang dinyatakan tidak memenuhi syarat, setelah dilakukan verifikasi faktual di tingkat Desa/Kelurahan.

Ketua KPUD Bone Aksi Hamsah menyebutkan, berdasarkan dari hasil verifikasi faktual yang dilakukan KPU bersama PPK di tingkat Kecamatan, jumlah dukungan pasangan Umar-Madeng dinyatakan tidak cukup.

"Dari hasil rekapitulasi dukungan Umar-Madeng, berkasnya tidak memenuhi syarat untuk maju sebagai salah satu calon bupati dan wakil bupati yang menempuh jalur perseorangan," kata Aksi Hamsah, Senin,(19/2/2018).

Lebih lanjut Aksi mengungkapkan, dari hasil jumlah dukungan berkas tambahan yang telah melalui proses verifikasi faktual, berkas yang memenuhi syarat hanya sebanyak 2.985 dukungan.

"Dari hasil verifikasi dukungan tahap pertama itu berjumlah 21.801 dan untuk berkas dukungan tambahan sebanyak 2.985, jadi total keseluruhan hanya sebanyak 24.786 dukungan," ungkapnya.

Sebelumnya, Aksi mengatakan, untuk calon perseorangan di Bone, harus mengumpulkan berkas dukungan sebanyak 41.080.
Maka dengan itu dinyatakan berkas dukungan pasangan Umar- Madeng, dinyatakan tidak memenuhi syarat.