Jumat, 23 Februari 2018 01:00 WITA

Plt Bupati Enrekang Bilang Tahapan Pilkada Banyak Celah

Penulis: Suarto Syam
Editor: Nur Hidayat Said
Plt Bupati Enrekang Bilang Tahapan Pilkada Banyak Celah
Plt Bupati Enrekang, HM Amiruddin.

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Plt Bupati Enrekang, HM Amiruddin, mengingatkan para penyelenggara Pemilu agar berhati-hati dalam menjalankan tahapan Pilkada. Menurutnya, terdapat banyak celah dalam tahapan tersebut yang rawan jadi kecurangan.

"Penyelenggara pemilu seperti KPU dan jajaran PPK dan PPS-nya punya peran penting untuk suksesnya Pilkada ini. Jadi mereka harus cermat, untuk tidak membiarkan ada celah yang bisa dimanfaatkan orang lain untuk berbuat kecurangan yang bertujuan memenangkan salah satu kandidat ataupun menjatuhkannya," ujar HM Amiruddin, Kamis (22/2/2018).

Salah satu tahapan yang paling rawan kecurangan, kata dia, adalah pendistribusian undangan bagi pemilih. "Ini kalau tidak dilakukan dengan baik, bisa dimanfaatkan untuk menambah suara dengan cara membeli undangan yang tidak ada orangnya, kemudian diganti dengan orang lain," tuturnya. 

"Undangan seperti ini bisa dihargai mahal oleh orang yang punya keinginan menambah suara. Karenanya penyelenggara harus benar-benar berhati-hati," lanjutnya.

Seperti diketahui, Pilkada Enrekang 2018 hanya akan diikuti satu kandidat, yakni pasangan petahana Muslimin Bando-Asman (MBA). Meski hanya dengan satu paslon, Pilkada di Enrekang diperkirakan tetap akan penuh dengan riak.

Pasalnya, kini telah muncul poros perlawanan yang bertujuan menjegal MBA untuk kembali memimpin Enrekang. Poros perlawanan ini tergabung dalam satuan organisasi yang menamakan diri Relawan Kotok Kosong.