Sabtu, 03 Maret 2018 12:07 WITA

Sosialisasi di Tompobulu, Warga Minta IlhamSAH Kelola Potensi Wisata

Penulis: Irmawati Azis
Editor: Aswad Syam
Sosialisasi di Tompobulu, Warga Minta IlhamSAH Kelola Potensi Wisata
Ilham Azikin (kanan), menyapa warga di atas rumah, di Kecamatan Tompobulu, Sabtu (3/3/2018).

RAKYATKU.COM, BANTAENG - Kini pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng, Ilham Azikin-Sahabuddin (IlhamSAH) melakukan sosialisasi di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng.

Kehadiran pasangan nomor urut tiga ini pun, membuat warga dan tokoh masyarakat setempat memberikan masukan. 

Salah satunya, perhatian terhadap potensi wisata di kecamatan Tompobulu. "Seperti di Pa'taneteang ada potensi wisata alam. Tetapi belum dikelola dengan baik," jelas tokoh masyarakat Desa Pa'taneteang, Arsyad dalam rilis yang diterima Rakyatku.com, Sabtu (3/3/2018).

Mantan kepala desa dua periode ini menuturkan, kawasan wisata alam ini cukup menarik. Akan tetapi, kurang warga yang datang ke tempat itu. "Yang datang hanya penduduk lokal saja," katanya.

Olehnya itu, dirinya berharap Ilham Azikin-Sahabuddin bisa mengelola potensi wisata ini. Apalagi, Ilham Azikin pernah menjadi kepala Dinas Pariwisata di Maros dan memperkenalkan potensi wisata karst Rammang-rammang.

"Saya yakin Pak Ilham bisa mempromosikan wisata ini. Apalagi, potensi wisata ini bisa membuka lapangan kerja baru," ungkapnya.

Sementara itu, Ilham Azikin mengaku, pengelolaan wisata adalah salah satu dari puluhan program visi dan misi pasangan IlhamSAH. Menurut dia, potensi wisata adalah salah satu sumber pendapatan daerah yang cukup besar.

"Kita bersyukur Pak Bupati Nurdin Abdullah telah membuat infrastruktur yang baik. Tinggal kita jaga dan kembangkan lagi," imbuhnya.

Dia mengakui, Bantaeng bukan lagi sekadar menjadi tempat transit. Sekarang, Bantaeng sudah menjadi tempat tujuan wisata. "Tinggal bagaimana kita mempromosikan wisata itu," ujarnya.

Ia menambahkan, potensi wisata juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Hanya saja, pemerintah harus melakukan pengembangan wisata dengan fokus pada pemberdayaan masyarakat.

"Jadi warga mendirikan home stay. Sisa diberikan permodalan sehingga turis asing pun ingin tinggal di rumah mereka," paparnya.

Senada dengan itu, Calon Wakil Bupati Bantaeng, Sahabuddin mengatakan, pasangan IlhamSAH memiliki tiga program unggulan. Pembukaan lapangan kerja melalui bantuan modal usaha adalah salah satunya.

Dia juga mengaku, pasangan IlhamSAH ingin meningkatkan ekonomi petani kopi di daerah itu. "Program kami juga berpihak pada petani. Salah satunya dengan menjamin ketersediaan pupuk di Bantaeng," pungkasnya.