Senin, 05 Maret 2018 18:19 WITA

Batasan Biaya Kampanye di Pilkada Pinrang Sebesar Rp7 Milliar

Editor: Adil Patawai Anar
Batasan Biaya Kampanye di Pilkada Pinrang Sebesar Rp7 Milliar

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare, membatasi penggunaan dana kampanye bagi masing-masing pasangan calon wali kota dan wakil wali Kota Parepare, Taufan Pawe-Pangerang Rahim dan Faisal Andi Sapada-Asriady Samad hanya sampai batas maksimim sebesar Rp 7,4 miliar.

“Jika dilanggar ada konsekuensi hukumnya pada  pasal 53 PKPU Nomor 5 tahun 2017, ”urai ketua KPU Kota Parepare, Nur Nahdiyah, Senin (5/3/2018).

Nadia merinci untuk pertemuan terbatas, biaya yang boleh digunakan tiap paslon hanya Rp 880 juta, dengan jumlah peserta maksimal 1.000 orang, dalam 18 kali pertemuan. Sementara kata dia untuk tatap muka dan dialog, sebesar Rp1,4 milliar jika dilakukan pada tempat terbuka. Jika kegiatannya dalam ruang tertutup, sebesar Rp2 milliar untuk 129 kali pertemuan, dengan jumlah peserta 200 orang,

“Untuk penambahan BK, dengan frekuensi 100 persen, batasan biayanya sekitar Rp460 juta. Sementara, jelasnya, penambahan APK dengan frekuensi 150 persen, biayanya sebesar Rp36 juta. Sedangkan, lanjutnya, untuk pembuatan bahan kampanye anggaran yang diperbolehkan Rp 1,4 miliar, dan biaya jasa konsultan dan manajemen tidak boleh lebih dari angka Rp300 juta,” rinci dia.

Terpisah Komisioner KPU Kota Parepare Divisi Hukum, Hasruddin Husain mengatakan, batasan penggunaan kampanye untuk kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada serentak, diatur dalam Pasal 12 PKPU Nomor 5 Tahun 2017.

"Aturan tersebut menjadi pedoman bagi para paslon, dalam mengeluarkan sumbangan dana kampanye selama pelaksanaan masa kampanye," kata dia.