Senin, 12 Maret 2018 22:36 WITA

Begini Skema Debat Kandidat Pilwalkot Makassar

Editor: Aswad Syam
Begini Skema Debat Kandidat Pilwalkot Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar, akan beradu visi misi serta program kerjanya, dalam debat kandidat yang digelar KPU Kota Makassar pada 16 Maret 2018 mendatang.

Rencananya, adu gagasan kandidat nomor urut 1 Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) dan nomor urut 2, Moh Ramdhan Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti (DIAmi), dilangsungkan di Hotel Grand Clarion Makassar.

Debat kandidat kontestan Pilwalkot Makassar, akan dilangsungkan dalam lima segmen. Segmen pertama, dua pasangan calon, akan menyampaikan visi dan misi, serta program unggulannya.

"Debatnya nanti ya seperti debat calon Pilkada pada umumnya. Pertama itu ada pemaparan visi misi dulu masing-masing calon," kata Komisioner Divisi Humas dan SDM KPU Kota Makassar, Andi Shaifuddin, Senin (12/3/2018).

Kedua, segmen pertanyaan dari moderator untuk penajaman visi misi kepada para pasangan calon. 

"Moderatornya itu Iqbal Sultan," tambahnya.

Ketiga, debat antar paslon. Pada segmen kali ini, setiap kandidat akan menanggapi misi serta program kerja pasangan lainnya.

"Setelah itu, ada saling lempar pertanyaan, dan paslon yang satunya menanggapi atau menjawab," jelasnya.

Segmen terakhir yakni pernyataan penutup (closing statement).

Namun bedanya kali ini, tidak ada pertanyaan yang akan disampaikan para panelis. Panelis tetap hadir di lokasi, namun hanya menyimak jalannya debat kandidat.

Tema sentral yang menjadi materi debat nantinya, yakni perihal masalah transportasi, tata ruang, dan sosiologi perkotaan yang berfokus pada penataan kota dan dampak sosial.