Selasa, 13 Maret 2018 00:13 WITA

Baliho SBY-AMM yang Dicetak KPU Tak Disertai Partai Pengusung

Penulis: Rahmatullah
Editor: Aswad Syam
Baliho SBY-AMM yang Dicetak KPU Tak Disertai Partai Pengusung
Baliho tiga pasangan calon peserta Pilkada Sinjai yang dipasang di Lapangan Sinjai Bersatu, Senin (12/3/2018).

RAKYATKU.COM, SINJAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sinjai, telah memasang  baliho pasangan calon bupati dan wakil bupati di sejumlah titik.

Seperti diketahui, terdapat tiga pasangan calon yang bertarung yaitu, Andi Seto Gadhista-A Kartini di nomor urut 1, Sabirin Yahya-A Mahyanto Mazda untuk nomor urut 2, dan Takyuddin Masse-Mizar Roem nomor urut 3. Ketiganya telah menyetor desain baliho untuk dicetak, lalu dipasang oleh KPU Sinjai.

Dari ketiga baliho yang dipasang oleh KPU Sinjai, hanya baliho pasangan nomor urut 2 Sabirin Yahya-A Mahyanto Mazda yang tak disertai gambar partai politik (Parpol) pengusungnya, sedangkan dua lainnya menyertakan gambar masing-masing parpol pengusung. Baliho tersebut salah satunya terpasang di lapangan Sinjai Bersatu Kecamatan Sinjai Utara.

Pasangan SBY-AMM sendiri, diusung Partai Demokrat 4 kursi, PAN 2 kursi, dan PDIP 1 kursi. Dengan total 7 kursi dari syarat seharusnya 6 kursi.

Komisioner KPU Nurhikmah mengatakan, pihaknya hanya mencetak baliho sesuai desain yang diberi masing-masing paslon. Untuk ada tidaknya parpol pengusung, menurutnya bukan ranah KPU.

"Untuk desain baliho, kami terima dari Paslon. Tugas kami, hanya mencetak dan memasangnya," ungkapnya kepada Rakyatku.com, Senin (12/3/2018).

Saat ini, baliho paslon Bupati dan Wakil Bupati Sinjai, sudah terpasang di 2 kecamatan, yakni, di Kecamatan Sinjai Utara yang bertempat di Lapangan Sinjai Bersatu, dan Lapangan Gelora Massa.  Di lapangan Sinjai Tengah, untuk Kecamatan Sinjai Tengah.

"Untuk ukuran khusus baliho, maksimal 4x7 meter, dan hanya maksimal 5 lembar per kabupaten setiap calon," ungkap Nurhikmah kembali.

Calon Wakil Bupati A Mahyanto Mazada yang dikonfirmasi mengenai hal ini, belum memberi jawaban hingga berita ini diturunkan.

Sekadar diketahui, kejadian serupa pernah terjadi pada paslon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 3 Nurdin Abdullah-A Sudirman Sulaiman. Baliho miliknya, juga tak mencantumkan logo parpol pengusungnya.

Baliho 3 paslon yang dipasang KPU Sinjai di Lapangan Sinjai Bersatu.