Senin, 19 Maret 2018 11:16 WITA

Appi-Cicu Anggap Hasil Survei CRC Jadi Lelucon

Penulis: Rizal
Editor: Mulyadi Abdillah
Appi-Cicu Anggap Hasil Survei CRC Jadi Lelucon
Jubir Appi-Cicu, Arsony (kanan).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kubu pasangan calon walikota dan wakil walikota Makassar, Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) angkat bicara terkait hasil survei yang dirilis lembaga Celebes Research Center (CRC).

"Sedikit pun kami tidak terpengaruh dengan itu dan menyerukan pada tim dan konstituen agar menjadikan hasil survei itu sebagai lelucon opini saja. Itu politik survei brutal yang dilakukan oleh DIAmi," tegas Juru Bicara (Jubir) Appi-Cicu, Arsony saat dikonfirmasi Rakyatku.com, Senin (19/3/2018).

Menurut Sony, sapaan akrabnya, hasil survei yang dirilis CRC tersebut sangat jauh dari hasil survei internal tim pemenangan Appi-Cicu.

"Sekali lagi DIAmi lewat CRC tidak bisa menyembunyikan strategi politik survei yang brutal dengan dua kali merilis hasil survei yang tidak obyektif dan sangat jauh dari hasil survei internal kami," tambahnya.

Taktik dengan politik survei tersebut, menurut Sony, sering dilakukan oleh kandidat untuk mempengaruhi opini publik ketika elektabilitasnya justru sedang menurun.

Appi-Cicu Anggap Hasil Survei CRC Jadi Lelucon

"Kecenderungan politik survei dimainkan adalah upaya untuk mempengaruhi opini publik ketika kandidat sudah tidak mampu mencegah elektabilitasnya yang kian terjun bebas," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, berdasarkan hasil survei yang dirilis CRC, tingkat elektabilitas atau tingkat keterpilihan calon nomor urut 2, Mohammad Ramdhan Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti (DIAmi) mencapai 71,8 persen.

Pasangan yang maju lewat jalur perseorangan ini unggul atas duet Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) yang tingkat keterpilihannya hanya mencapai 18,8 persen. 

Survei CRC sendiri dilakukan pada tanggal 1-14 Maret, dengan mengambil 1000 responden dengan margin of error 2,9 persen. Responden terdistribusi secara proporsional di 15 kecamatan se-Kota Makassar.