Kamis, 12 April 2018 15:15 WITA

Sasar Pemilih Pemula, KPU Palopo Gelar Lomba Esai dan Debat

Editor: Mulyadi Abdillah
Sasar Pemilih Pemula, KPU Palopo Gelar Lomba Esai dan Debat
Komisioner KPU Palopo, Faisal

RAKYATKU.COM, PALOPO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo menggelar lomba esai dan debat tingkat SMA/SMK jelang Pilkada Serentak 2018. Hal itu dilakukan untuk mendorong kesadaran para pemilih pemula di Kota Palopo.

“Lomba penulisan esai dan debat ini untuk membangun kesadaran pelajar akan pentingnya turut serta menggunakan hak suara pada setiap momentum pemilihan kepala daerah," kata Komisioner KPU Kota Palopo Faisal, Kamis (12/4/2018).

Selain itu, dia juga berharap jika kegiatan tersebut juga mampu meningkatkan kesadaran para pelajar untuk berperan aktif dalam penyelenggaraan pilkada serentak.

"Pada kegiatan ini kami berharap agar dapat meningkatkan kesadaran berpolitik pelajar, khususnya ikut serta dalam penyelenggaraan pilkada serentak 2018 nantinya,” lanjutnya.

Syarat lomba penulisan esai dilakukan secara kerja sama tim. Setiap tim terdiri dari tiga orang dan setiap sekolah boleh mengikutkan sebanyak-banyaknya tim pada lomba penulisan esai.

Naskah esai diterima di kantor KPU Kota Palopo pada 11-21 April 2018. Penilaian esai terbaik 22-25 April 2018, sedangkan pemaparan 10 esai terbaik pada 25 April 2018.

Selain itu, dari 10 esai terbaik akan diseleksi lagi menjadi enam esai terbaik dan berhak mengikuti debat yang bertemakan Demokrasi, Pemilu dan Pilkada, yang akan dilaksanakan di Mega Plaza Palopo Lt 4, pada 28 April 2018.

Pemenang debat tingkat Kota, akan mewakili KPU Kota Palopo ditingkat Provinsi Sulawesi Selatan pada 2 Mei 2018. Berminat?