Jumat, 13 April 2018 20:09 WITA

IPO Tantang Penentang Hasil Surveinya

Editor: Adil Patawai Anar
IPO Tantang Penentang Hasil Surveinya

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Hasil survei terkait Pilgub Sulsel 2018, yang dirilis oleh Laboratorium Ilmu Politik (LIPO) UIN Alauddin Makassar, kemarin (12/4/2018), menuai sejumlah kritik dari berbagai pihak.

Tak sedikit yang menuding, survei yang mengambil sampel sebanyak 474 dari kalangan sivitas akademika UINAM, merupakan 'pesanan' dari pihak tertentu untuk menggiring opini publik. Ada juga yang menilai, survei tersebut bukan merupakan representasi dari masyarakat Sulsel.

Pembimbing LIPO, Reski Reskianti mengakui, jika ada sejumlah pihak yang merasa tidak puas bahkan mengkritik hasil survei yang dilakukan Januari-Maret tersebut. 

Meski dihujani kritik, pihaknya siap mempertanggungjawabkan secara ilmiah apa yang telah dikerjakan. Bahkan, ia menantang balik kepada seluruh pihak yang meragukan hasil surveinya.

"Kalau ada yang mau berdebat soal kaidah ilmiah pengambilan sampelnya, kami akan terbuka menjelaskannya," tegas Reski, pada Jumat (13/4/2018).

Reski juga mengakui, survei LIPO tidak mewakili kecenderungan pemilih di Sulsel. Namun, hanya menguak kecenderungan pemilih dalam lingkup warga UINAM.

"Tapi pro dan kontra akan hasil survei itu hal biasa terjadi juga, jika ada lembaga survei yang merilis," tuturnya.

Kendati demikian, ia tetap menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak, baik yang mengapresiasi ataupun yang memberi tanggapan negatif, kepada yang memberi perhatian atas hasil survei yang telah dipublikasikan.