Minggu, 15 April 2018 14:52 WITA

Besok Live, Debat Kandidat Berlangsung di Gedung Sipitangari Jeneponto 

Editor: Abu Asyraf
Besok Live, Debat Kandidat Berlangsung di Gedung Sipitangari Jeneponto 
Parmas Syamsuddin

RAKYATKU.COM,JENEPONTO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jeneponto menggelar debat kandidat tahap pertama, Senin (16/4/2018) . Pertarungan gagasan pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Jeneponto itu berlangsung di Gedung Sipitangarri mulai pukul 13.30 Wita.

KPU Jeneponto menggelar geladi bersih pelaksanaan debat bersama pasangan calon dan sejumlah pihak pendukung lainnya sekitar pukul 16.00 Wita sore ini.

Geladi bersih ini dihadiri komisioner KPU dan semua panitia yang terlibat, panelis, serta moderator dan pasangan calon. Debat Terbuka sesi pertama ini akan mengambil tema "Membangun Daerah Melalui Penegakan Hukum dan Pelayanan Publik untuk Kesejahteraan Masyarakat".

"Geladi ini untuk memastikan besok akan berjalan lancar sesuai rencana dan berjalan dengan kondusif," ucap komisioner KPU Bidang Sosialisasi dan SDM, Parmas Samsuddin, Minggu (15/4/2018).

Menurutnya, debat kandidat tersebut juga akan dihadiri unsur tokoh masyarakat, pemuda, dan lainnya.

"Ini debat sesi pertama. Ada enam segmen yang akan dilaksanakan termasuk di antaranya pemaparan visi dan misi,” tambahnya.

Debat ini akan dipandu Dr M Iqbal Sultan, ketua Departemen Ilmu Komunikasi Unhas.

Sementara panelis terdiri atas pakar hukum UMI Prof Dr H Sukirman Rahman, pakar sosial politik dan pemerintahan dari Unhas Prof Dr Armin Arsyad, serta pakar sosiologi penanganan konflik peningkatan kesejahteraan dan ekonomi Unhas Dr Mansyur Rajab.

"Secara teknis sama seperti biasanya, para kandidat memaparkan visi misi dan program, selanjutnya nanti ada tanya-jawab dengan panelis dan sesama kandidat," jelas Samsuddin.

Debat kandidat yang diatur dalam PKPU Nomor 4/2017 tentang Kampanye itu akan ditayangkan secara live oleh Fajar TV. Simpatisan pasangan calon dibatasi maksimal 30 orang.

Adapun pasangan calon bupati dan wakil bupati Jeneponto yang ikut dalam debat kandidat ini, yakni nomor urut 1 Mulyadi Mustamu-Muh Kasmin MS (Mukmin Bisa), nomor urut 2 Muhammad Sarif-Andi Tahal Fasni (Syafaat), nomor urut 3 Iksan Iskandar-Paris Yasir (Siap), dan nomor urut 4 Baharuddin Baso Jaya-Isnaad Ibrahim (Barani Uranta).