Minggu, 15 April 2018 21:33 WITA

KPU SInjai Sebar 25 Relawan ke Sembilan Kecamatan, Ajak Pemilih ke TPS

Penulis: Rahmatullah
Editor: Abu Asyraf
KPU SInjai Sebar 25 Relawan ke Sembilan Kecamatan, Ajak Pemilih ke TPS
Komisioner KPU Sinjai saat memberi bimbingan teknis kepada para relawan di aula KPU SInjai, Minggu (15/4/2018).

RAKYATKU.COM,SINJAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sinjai mengukuhkan 25 Relawan Demokrasi (Relasi) untuk Pilkada dan Pilgub Sulsel. Acara itu berlangsung di ruang pola kantor KPU, Minggu (15/4/2018). 

Usai pengukuhan Relasi, mereka diberi bimbingan teknis kepemiluan.

Seketaris KPU, Muhammad Haris mengatakan, 25 Relasi KPU ini memiliki tanggung jawab menggaet pemilih dan mensosialisasikan pentingnya menggunakan hak warga dalam memilih pemimpinnya untuk Kabupaten Sinjai dan untuk Provinsi Sulsel 27 Juni mendatang.

"Besar harapan kami, saudara dapat bekerja secara maksimal dalam menjalankan tugas sebagai sebagai relawan demokrasi di kabupaten sinjai," harap Haris.

Relasi juga diharap mendongkrak partisipasi pemilih ke TPS, dan target-target KPU Sinjai bisa tercapai.

Sementara Nurhikmah, Divisi Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Sinjai mengatakan, target partisipasi pemilih secara nasional 78,5 persen. Target itu harus diiringi dengan kerja keras semua pemangku kepentingan, dibutuhkan kerja terstruktur dan rapi.

"Salah satu cara adalah dengan melakukan penyadaran kepada pemilih melalui pendidikan. Makna pendidikan yang dimaksud di sini tentunya bukan yang bersifat formal, akan tetapi lebih bersifat informal. Untuk menjalankan proses pendidikan ini diperlukan sinergitas dengan semua stakeholders," terangnya.

"Olehnya itu dibentuklah relawan demokrasi. Alhamdulillah tadi telah kami kukuhkan dan diberikan bimbingan teknis. Di bimtek ini mereka dilatih dan diberikan tips cara-cara bersosialisasi yang baik terhadap calon pemilih," ujarnya lagi.

Relasi dibagi menjadi lima segmen yakni pemilih pemula, kelompok keagamaan, kelompok marginal atau pinggiran, kelompok perempuan, dan kelompok difabel atau disabilitas.

"Mereka diharapkan mampu berkreasi untuk menggaet calon pemilih untuk menggunakan hak pilihnya di 27 Juni 2018 mendatang. Mereka bukan penyelenggara pemilu dan pilkada, tetapi mereka adalah bagian dari keluarga besar KPU Sinjai yang nantinya bisa jadi duta-duta demokrasi," lanjutnya.

Selama tiga bulan ke depan relawan KPU akan menjalankan tugasnya pada sembilan kecamatan di Kabupaten Sinjai.