Minggu, 15 April 2018 22:59 WITA

Satukan Kandidat di Daerah, Kematangan Berpolitik IYL Diakui Lembaga Survei

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Satukan Kandidat di Daerah, Kematangan Berpolitik IYL Diakui Lembaga Survei

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepiawaian pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) dalam berpolitik memang tak perlu diragukan lagi. 

Kemampuannya untuk merangkul sejumlah kandidat pada pemilihan kepala daerah (pilkada) kabupaten/kota, serta lintas tokoh dan komunitas, menjadi bukti jika pasangan nomor urut 4 ini, sangat layak diperhitungkan dalam kontestasi Pilgub Sulsel.

Direktur Epicentrum Politica, Iin Fitriani menilai, apa yang diperlihatkan oleh Ichsan YL maupun Cakka, adalah hasil dari komunikasi politik keduanya dalam menyatukan kandidat bupati di Pilkada.

"Sebagian orang-orang penting  menjadi pendukungnya, dan ini adalah buah dari komunikasi politik yang tidak bisa diragukan dari Ichsan YL," kata Iin.

Ia menyebutkan, bukan hanya kandidat kepala daerah yang dirangkul oleh Ichsan YL. Namun dipastikan masih banyak tokoh berpengaruh yang ikut dengan barisan pasangan usungan koalisi rakyat ini.

"Bukan hanya kandidat bupati/walikota, ini bisa jadi masih banyak tokoh lain yang mendukung," ucapnya Iin.

Iin menilai, kandidat kepala daerah tersebut bisa mengangkat elektabilitas Punggawa Macakka. "Kalau elektabilitas tentu ada pengaruhnya, karena para pendukung (calon kepala daerah) pasti memiliki basis,dan bisa mengikut apa dipilih tokoh tersebut," ungkapnya.

Satukan Kandidat di Daerah, Kematangan Berpolitik IYL Diakui Lembaga Survei

Seperti diberitakan sebelumnya, dari empat pasangan yang maju bertarung, hanya IYL-Cakka mampu diterima semua kalangan. Tak terkecuali Kandidat bupati/walikota atau tim intinya, memilih menyatu untuk Pilgub Sulsel.

Sejumlah fakta nampak ketika duet ini melakukan kunjungan atau kampanye. Seperti di Jeneponto, kandidat dan timnya menyambut penuh kehangatan ke Ichsan Yasin Limpo.

Begitu juga di Bantaeng, pendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati juga berbaur. Termasuk di Kabupaten Wajo, kekuatan besar dari empat poros tak ketinggalan.

Terbaru saat IYL melakukan kunjungan di Ajattapareng, kandidat walikota, serta diwakili parpol pengusungnya menyatakan sikap. Begitu juga di Pinrang, dua kandidat bupati, Andi Irwan Hamid dan Abd Latief memberi dukungan.

Di Sidrap, Dolla Mando dan tim pemenangan Fatmawati Rusdi-Majid ikut mempertegas sikapnya untuk sama-sama di Barisan IYL-Cakka di Pilgub Sulsel.