Senin, 16 April 2018 21:14 WITA

Begini Janji Empat Paslon di Debat Pilkada Jeneponto

Penulis: Zul Lallo
Editor: Aswad Syam
Begini Janji Empat Paslon di Debat Pilkada Jeneponto
Suasana debat kandidat Pilbup Jeneponto di Gedung Sipatangarri, Kelurahan Empoang Kota, Kecamatan Binamu Jeneponto Sulawesi Selatan, Senin (16/4/2018).

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jeneponto menggelar debat publik Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Jeneponto 2018-2023 di Gedung Sipitangarri, Kelurahan Empoang Kota, Kecamatan Binamu Jeneponto Sulawesi Selatan, Senin (16/4/2018).

Debat dihadiri semua Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Jeneponto, Paslon Nomor 1 Mulyadi-Kasmin (Mukmin-Bisa), Paslon Nomor 2 Muhammad Sarif-Andi Tahal Fasni (Syafaat), Paslon Nomor 3 Iksan Iskandar-Paris Yasir (Siap) dan Paslon Nomor 4 Baharuddin Bj-Isnaad Ibrahim (Barani-Urranta).

Pelaksanakan debat publik tahap pertama ini bertema "Membangun Daerah Melalui Penegakan Hukum dan Pelayanan Publik Untuk Kesejahteraan Masyarakat".

"Ini Debat sesi pertama, ada enam segmen yang akan dilaksanakan termasuk di antaranya pemaparan visi dan misi calon bupati dan calon wakil bupati Jeneponto," jelas Ketua KPU Jeneponto, Muhammad Alwi.

Menurutnya, untuk panelis dan moderatornya dari akademi Unhas yakni Dr M Iqbal Sultan selaku Ketua Departemen Ilmu Komunikasi Unhas. Untuk panelis itu ada akademisi seperti dari Universitas Muslim Indonesia (UMI) selaku pakar hukum yakni Prof. Dr. H. Sukirman Rahman, MH, Pakar Sosial Politik dan Pemerintahan dari Unhas yakni Prof Dr. Amin Arsyad serta Pakar Sosiologi Penanganan Konflik Peningkatan Kesejahteraan dan Ekonomi dari Unhas yakni Dr Mansyur Rajab.

"Secara teknis sama seperti biasanya, para kandidat memaparkan visi misi dan program, selanjutnya ada tanya-jawab dengan panelis dan sesama kandidat," tambah Alwi.

Debat kandidat ini diatur dalam PKPU Nomor 4/2017 tentang Kampanye. Untuk bisa masuk, disediakan ID card khusus. Bagi simpatisan dan pendukung setiap Paslon, dibatasi hanya sekitar 30 orang.

Ditayangkan secara langsung oleh Fajar TV, pasangan Calon (Paslon) Mulyadi - Kasmin (Bisa) menyampaikan, Jeneponto sebagai daerah tertinggal, miskin dan gersang, sehingga pihaknya hadir untuk mengubah itu. "Paentengi siri'na Jeneponto. Mewujudkan Jeneponto lebih baik. Sipakatau sipakainga. Jeneponto lebih baik dari yang lalu," jelas Mulyadi. 

Sedangkan paslon, Muhammad Sarif- Andi Tahal Fasni (Syafaat) menjanjikan peningkatan kemandirian ekonomi dan menuntaskan kemiskinan masyarakat Jeneponto yang religius, mutu pendidikan, mengoptimalkan sumber daya alam yang baik, mewujudkan pemerintahan bersih, serta membuka ruang investisai yang baik.

"Jeneponto harus keluar dari daerah tertinggal, dengan cara meningkatkan kemandirian ekonomi dan menuntaskan kemiskinan masyarakat Jeneponto, yakni peningkatan mutu pendidikan, peningkatan sumber daya alam yang baik dan mewujudkan pemerintahan yang bersih, serta membuka ruang investasi yang baik," ucap Muh Sarif. 

Sementara dari paslon Iksan-Paris (Siap), menyampaikan Jeneponto smart 2018-2023 itu. Konsep kekinian, smart akronium yang berdaya saing. 

"Smart city harus memiliki kecerdasan yang disebut kekinian. Jeneponto smart diharapkan mampu membuat Jeneponto sejajar dengan kabupaten lain," ucap Iksan. 

Lain halnya yang disampaikan paslon Baharuddin Bj-Isnad Ibrahim mengatakan, pihaknya akan menciptakan dan meningkatkan SDM berbasis agama dan budaya lokal, serta keserasian industri pertanian.

"Pemerintahan yang bersih dan mengayomi rakyat. Kami akan mengisi jabatan ASN sesuai latar belakang masing-masing, dan menjadikan masyarakat maju dan mandiri," ucap Baharuddin Bj. 

Untuk mengamankan debat, pihak kepolisian sudah menyiapkan sejumlah rekayasa pengalihan arus lalu lintas.

Kasat Lantas AKP Andi Ali Imran mengatakan, pengalihan arus lalu lintas tersebut diberlakukan sejak pukul 11.30 Wita. "Pengalihan ini diberlakukan mulai pukul 11.30 hingga selesai," kata Ali Imran.

Adapun pengalihan arus lalu lintas di sekitar kota Bontosunggu. Arus lalu lintas dari arah Takalar menuju Bantaeng dialihkan ke kiri ke Jalan Lingkar. Begitupun arus sebaliknya.

Sedangkan arus lalu lintas dari jalan Kelara Lapangan Pastur menuju Jalan jalan Sultan Hasanuddin Kelurahan Empoang kecamatan Binamu. Imran berharap masyarakat memaklumi pengalihan arus lalu lintas tersebut.

Pengamanan debat melibatkan 460 personel gabungan TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Satpol-PP - Damkar dan Dinas Kesehatan Jeneponto.