Selasa, 17 April 2018 09:18 WITA

Penjabat Gubernur Sulsel Ingin Ada Incumbent Komisioner KPU yang Terpilih Kembali

Editor: Mulyadi Abdillah
Penjabat Gubernur Sulsel Ingin Ada Incumbent Komisioner KPU yang Terpilih Kembali
Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono (kiri).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono punya pandangan tersendiri mengenai struktur anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan periode 2018-2023 mendatang.

Penjabat yang menggantikan Syahrul Yasin Limpo tersebut berharap ada komisioner KPU Sulsel periode 2013-2018 yang kembali terpilih untuk periode selanjutnya.

"Pergantiannya kan bulan Mei, itu artinya sebulan lagi jelang hari H pemungutan suara Pikada Serentak 2018. Anggaplah semua komisioner KPU nya baru mau belajar, baru mau mempelajari apa itu DPS, DPT dan yang lainnya, maka yakin saja pada saat tahapan berlangsung itu pasti akan kaku," ungkap Soni, Senin (16/4/2018) kemarin.

Soni mencontohkan, jabatan Pj Gubernur Sulsel yang saat ini diembannya. Menurutnya, jika dirinya tidak terbiasa mengemban amanah tersebut, maka diyakininya akan susah memimpin provinsi sebesar Sulsel.

"Sama halnya dengan Pj gubernur Sulsel ini, kalau yang menjadi Pj gubernur adalah orang baru bukan orang Kemendagri yang berpengalaman, ini belajar tiga bulan baru tahu bagaimana memerintah di Sulsel. Sama dengan KPU, kalau orang baru semua pasti akan bingung, baru mau belajar dulu. Ada 11 PKPU yang mesti dipelajari. Itu akan sulit," katanya.

Oleh karena itu, Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri tersebut berharap ada incumbent yang terpilih kembali nantinya.

"Saya menyarankan harus ada orang lama yang menjadi bagian dari komisioner. Saya tidak mengatakan siapanya tapi ini demi kesinambungan, karena riskan apalagi tinggal sebulan lagi. Itu harapan saya, terserah siapa intinya ada kesinambungan," pungkasnya.

Sekedar diketahui, masa jabatan anggota KPU Provinsi Sulawesi Selatan periode 2013-2018 resmi akan berakhir pada tanggal 24 Mei mendatang.

Saat ini, pihak KPU RI telah mengantongi 14 nama calon komisioner KPU Sulsel periode 2018-2023 hasil seleksi yang dilakukan oleh Tim Seleksi (Timsel) beberapa waktu lalu. Dari 14 nama tersebut, terdapat tiga nama incumbent, yakni Faisal Amir (Divisi SDM dan Sosialisasi), Mardiana Rusli (Divisi Data), serta Misna M Attas (Divisi Teknis).

Adapun 14 nama calon komisioner tersebut masih akan mengikuti tahapan uji kelayakan dan kepatutan oleh KPU RI pada tanggal 18-20 April 2018 di Makassar. Uji kelayakan dan kepatutan ini merupakan rangkaian tes terakhir sekaligus akan menentukan 7 nama komisioner definitif KPU Sulsel periode 2018-2023.