Rabu, 18 April 2018 14:45 WITA

Panwaslu Palopo Anggap Judas Melanggar, KPU Sulsel Bilang Begini

Penulis: Rizal
Editor: Mulyadi Abdillah
Panwaslu Palopo Anggap Judas Melanggar, KPU Sulsel Bilang Begini
Khaerul Mannan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Panwaslu Palopo membuat rekomendasi mengejutkan. Calon wali kota Palopo petahana, Judas Amir dinyatakan terbukti melanggar UU Nomor 10 Tahun 2016. Konsekuensinya, didiskualifikasi dari Pilwalkot Palopo 2018.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan Divisi Hukum Khaerul Mannan angkat bicara mengenai hal tersebut. Menurutnya, pihak KPU Palopo harus tunduk pada regulasi yang berlaku.

"Sebenarnya kan jelas kita tunduk pada regulasi. Jadi kita menjalankan ini semua berdasarkan regulasi," tuturnya saat dikonfirmasi, Rabu siang (18/4/2018).

Menurut Khaerul, jika putusan tersebut telah sesuai dengan regulasi, maka pihak KPU Palopo wajib untuk segera menindaklanjuti putusan Panwaslu Palopo tersebut.

"Saya kira semua jelas bahwa apa yang dilakukan oleh kawan-kawan KPU Palopo berdasar pada aturan mainnya bahwa ketika ada putusan dari Panwaslu maka KPU harus menjalankan keputusan itu. Semua jelas aturannya," katanya.

loading...

Seperti diketahui, dalam surat Panwaslu tertanggal 17 April 2018 yang diteken Syafruddin Djalal, disebutkan bahwa Judas terbukti melanggar pasal 71 ayat 2. Pelanggaran ini terkait mutasi yang dilakukan Judas enam bulan sebelum penetapan pasangan calon di Pilkada.

Adapun konsekuensi terhadap pelanggaran pasal ini cukup berat. Kandidat dan pasangannya dibatalkan sebagai pasangan calon alias didiskualifikasi. Bentuk sanksi tersebut tertuang dalam Pasal 71 ayat 5.

Rencananya, Panwaslu Palopo akan menyerahkan rekomendasi tersebut ke KPU Palopo pada hari ini, Rabu (18/4/2018). Rekomendasi ini selanjutnya akan dikaji oleh KPU Palopo dalam batas waktu hingga pekan ini.

Loading...
Loading...