Rabu, 18 April 2018 18:52 WITA

Rekomendasi Panwaslu Sudah di Tangan KPU Palopo

Penulis: Hamka Tadda
Editor: Mulyadi Abdillah
Rekomendasi Panwaslu Sudah di Tangan KPU Palopo
Ketua Panwaslu Palopo, Syafruddin Djalal saat memberikan keterangan kepada awak media, Rabu (18/4/2018).

RAKYATKU.COM, PALOPO - Nasib Judas Amir di Pilwalkot Palopo kini sepenuhnya berada di tangan KPU Palopo. 

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Palopo telah menyerahkan salinan putusan rekomendasi terkait dugaan pelanggaran calon petahana itu ke KPU Palopo, Rabu (18/4/2018).

Salinan tersebut berisi putusan Judas Amir terbukti melanggar pasal 71 ayat 2 UU No.10 Tahun 2016.

"Sudah kita serahkan salinan putusan itu sekitar pukul 14.00 Wita," kata Ketua Panwaslu Kota Palopo, Syafruddin Djalal saat ditemui awak media.

Ia mengklaim, keputusan yang dikeluarkan Panwaslu sudah benar. Hal tersebut dilakukan dari hasil penelitian yang matang dengan melihat mendapat ahli dan mengumpulkan semua bukti-bukti yang ada.

loading...

"Copy SK diakui oleh BKD dan terlapor.  Dengan demikian bahwa copy memiliki kekuatan pembuktian yang sah. Disimak dari diktum SK jelas ijin menteri tidak disebutkan sebagai dasar hukum. Ini adalah petunjuk bahwa ijin tidak ada saat dilakukan mutasi," imbuhnya.

Karena telah melanggar pasal 71 ayat 2 UU No.10 Tahun 2016, Judar Amir melanggar administrasi dengan sanksi pembatalan sebagai calon.

"Sudah seperti itu sanksi menurut peraturan yang ada. Selanjutnya KPU memiliki waktu tiga hari untuk melaksanakan putusan," tutupnya.

Loading...
Loading...