Rabu, 18 April 2018 19:20 WITA

KPU Palopo Temui KPU RI Terkait Judas Amir

Penulis: Rizal
Editor: Nur Hidayat Said
KPU Palopo Temui KPU RI Terkait Judas Amir
Judas Amir (kanan) bersama Rahmat Bandoso.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pasca menerima salinan putusan rekomendasi dari Panwaslu Palopo, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo langsung bergerak cepat.

Didampingi sejumlah komisioner, Ketua KPU Palopo, Haedar Djidar bertolak ke Jakarta untuk menemui KPU RI. Kunjungan tersebut guna melakukan konsultasi mengenai rekomendasi Panwaslu Palopo terkait pelanggaran yang dilakukan oleh calon Wali Kota Palopo petahana, Judas Amir.

"Ini saya lagi dalam perjalanan ke Jakarta. Belum sampai, Dinda. Kalau sudah ada hasilnya nanti saya sampaikan, insyaallah besok," tuturnya saat dikonfirmasi, Rabu malam (18/4/2018).

Menurut Haedar, setelah berkonsultasi dengan KPU RI, dirinya akan langsung bertolak kembali ke Palopo untuk menindaklanjuti rekomendasi Panwaslu tersebut.

"Pokoknya setelah konsultasi kita akan langsung balik ke Palopo untuk segera melakukan tindak lanjut dari rekomendasi Panwaslu Palopo," tuturnya.

Loading...

Diberitakan sebelumnya, KPU Palopo telah menerima salinan putusan rekomendasi dari Panwaslu Palopo, Rabu siang (18/4/2018).

Surat putusan Panwaslu tertanggal 17 April 2018 tersebut menjelaskan bahwa calon Wali Kota Palopo petahana, Judas Amir, dinyatakan terbukti melanggar UU Nomor 10 Tahun 2016. Konsekuensinya, didiskualifikasi dari Pilwalkot Palopo 2018.

Dalam surat tersebut disebutkan Judas terbukti melanggar pasal 71 ayat 2. Pelanggaran ini terkait mutasi yang dilakukan Judas enam bulan sebelum penetapan pasangan calon di Pilkada.

Loading...
Loading...