Kamis, 19 April 2018 16:05 WITA

Jelang Debat, Ampera Sulsel Minta Calon Tak Kelewatan Pencitraan

Editor: Adil Patawai Anar
Jelang Debat, Ampera Sulsel Minta Calon Tak Kelewatan Pencitraan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kandidat Gubenur dan Wakil Gubernur Sulsel diminta tidak telah berlebihan dalam mempromosikan diri ke masyarakat.

Hal itu tersampaikan dalam dialog publik yang digelar Aliansi Mahasiswa Peduli Pembangunan Daerah (Ampera) Sulsel yang bertajuk 'Menggagas Pilgub Sulsel yang Berkualitas Tanpa Over Pencitraan dan Kebohongan Publik', di Warkop Bundu, Jalan Hertasning Baru, pada Kamis (19/4/2018).

Salah seorang narasumber, Aktivis HAM Sulsel, Dedy Jalarambang mengimbau, agar seluruh kandidat tidak melakukan kampanye yang menjurus pembohongan publik.

Misalnya, lanjut Dedy, kepala daerah yang menceritakan kondisi daerah yang dipimpinnya selama hampir 10 tahun, yang dianggap maju dan berkembang. Namun, faktanya justru tidak seperti itu.

"Cukup orang-orang di tanah itu yang merasakan pencitraan berlebih, kita masyarakat Sulawesi Selatan tidak usah merasakan hal itu," tegasnya.

Begitu pun yang diuraikan oleh narasumber lainnya, Firman (Mahasiswa Pascasarjana UNM). Dicontohkan, ada salah satu kandidat yang mencanangkan program untuk menghadirkan lapangan olahraga di seluruh kecamatan yang bertaraf internasional.

Menurutnya, hal itu mesti dicermati baik-baik oleh masyarakat atau konstituen. "Logis atau tidak (progam tersebut)? Jangan sampai itu hanya sebatas fantasi atau imajinasi. Jangan sampai itu tidak bisa dibuat. Over pencitraan itu sifatnya lebih ke-mengada-ada," paparnya.

Sementara itu, akademisi UMI, Andi Hartawan menjelaskan, over pencitraan selayaknya tidak dimunculkan ke publik. Sebab, hal itu dianggap hanya merusak proses demokrasi yang sedang dijalankan. 

"Yang perlu kita tangkal adalah pencitraan yang berlebihan. Pencitraan selayaknya tidak dipertontonkan dalam Pilgub ini.  Karena kita ini kental dengan adat istiadat dan nilai-nilai moral estetika bugis-makassar," paparnya. 

Seperti diketahui, malam nanti, akan dilakukan debat kandidat kedua Pilgub Sulsel 2018, di Jakarta.