Sabtu, 21 April 2018 19:53 WITA

KPU Punya 4 Hari Lagi untuk Putuskan Nasib JUARA

Penulis: Fathul Khair
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
KPU Punya 4 Hari Lagi untuk Putuskan Nasib JUARA
Ketua Panwaslu Kota Palopo, Syafruddin Djalal. (Ist).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, belum memutuskan sanksi bagi pasangan calon kepala daerah Kota Palopo, Judas Amir-Rahmat Masri Bandaso (JUARA).

Ketua Panwaslu Kota Palopo, Syafruddin Djalal mengatakan, pasca rekomendasi hasil pemeriksaan Panwas diserahkan pada 18 April lalu, KPU Palopo memang punya waktu tujuh hari untuk menetapkan sanksi dalam bentuk rapat pleno. Hal itu kata dia, bisa dilihat dalam undang-undang nomor 10 tahun 2016.

"Memang diakomodir dalam undang-undang, (putusannya) bisa keluar memang dalam tujuh hari. Jadi ini sisa empat hari waktu KPU," kata Syafruddin kepada Rakyatku.com, Sabtu (21/4/2018).

Lebih jauh dia menjelaskan, KPU Palopo tidak salah dalam menerima dan mempertimbangkan masukan dari Kemendagris, soal mutasi yang dilakukan Judas.

loading...

"Karena masukan dari menteri itu adalah penjelasan, yang sama kedudukannya dengan keterangan ahli dan saksi yang hadir di Panwaslu dulu," tambahnya.

Syafruddin meyakini, rekomendasi yang dikeluarkan Panwaslu Palopo itu sudah tepat. Karena, sudah melalui proses pengkajian yang cukup teliti.

"Itulah keyakinan hukum saya. Keyakinan hukum kami (Panwaslu Palopo) bisa diujilah oleh pihak yang merasa dirugikan," ujarnya.
 

Loading...
Loading...