Kamis, 03 Mei 2018 13:07 WITA

KPU Palopo Siapkan 5 Kuasa Hukum Hadapi Gugatan Hamsah

Editor: Mulyadi Abdillah
KPU Palopo Siapkan 5 Kuasa Hukum Hadapi Gugatan Hamsah
Haedar Djidar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) Makassar menggelar sidang kedua sengketa Pilwalkot Palopo di Kantor PT TUN, Jalan AP Pettarani, Selasa (3/5/2018).

KPU Palopo sebagai pihak tergugat, sudah menyampaikan jawaban atas gugatan yang diajukan warga Kota Palopo, Hamsah. Ketua KPU Palopo, Haedar Djidar hadir langsung dalam sidang kedua hari ini.

"Sidang tadi kami dari KPU Palopo sudah menyampaikan apa saja hal yang terkait gugatan itu. Poin-poinnya belum bisa saya sampaikan, karena masih dalam proses," kata Haedar saat dikonfirmasi Rakyatku.com.

Yang pasti dijelaskan Haedar, KPU Palopo tetap berpegang teguh atas keputusan yang sudah diambil terkait rekomendasi Panwaslu Palopo.

"Kita sangat siap dengan berbagai bukti dan dokumen yang kita punya, dan atas fakta yang terjadi," tambahnya.

Haedar mengungkapkan, KPU Palopo menyiapkan lima kuasa hukum dalam sidang gugatan yang dilayangkann Hamsah. Namun demikian, soal jumlah saksi yang akan disiapkan, KPU Palopo belum bisa memastikan.

"Kita belum pastikan soal saksi yang akan hadir kalau memang dibutuhkan. Kita tunggu dalam prosesnya seperti apa, kalau dibutuhkan saksi kita akan hadirkan juga," pungkasnya.

Sebelumnya, rekomendasi Panwaslu Kota Palopo menyebutkan kandidat petahana Wali Kota Palopo, Judas Amir melanggar  Pasal 71 ayat 2 UU Nomor 10 Tahun 2016. Namun, rekomendasi itu ditolak oleh KPU Palopo dengan merujuk surat dari Kementerian Dalam Negeri yang menyatakan petahana tidak melanggar.