Kamis, 03 Mei 2018 18:02 WITA

Gugatan Ditolak PT TUN, Hamsah Akan Ajukan Kasasi ke MA

Editor: Mulyadi Abdillah
Gugatan Ditolak PT TUN, Hamsah Akan Ajukan Kasasi ke MA
Foto: Fathul

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kuasa hukum Hamsah, Lukman S Wahid akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) pasca PT TUN menolak gugatan kliennya, Kamis (3/5/2018).

"Insyaallah kami menyatakan akan mengajukan kasasi. Memori kasasi akan segera kita susun, dan mengajukannya dalam lima hari ini," kata Lukman saat ditemui usai sidang PT TUN.

Lukman juga mengomentari, terkait eksepsi KPU Kota Palopo dalam sidang, sehingga gugatannya itu kandas. Yakni terkait tidak adanya proses administratif sebelumnya, yakni mengajukan keberatan ke Panwaslu Palopo.

"Bagaimana logika hukumnya. Sudah ada putusan rekomendasi Panwas. Kalau kita tempuh upaya lagi di Panwas, masa dia (Panwaslu Palopo) akan memeriksa sesuatu yang sama. Dan pasti, Panwaslu akan kabulkan jika kita menempuh lagi sengketa di Panwaslu," tambahnya.

Atas dasar itulah, pihaknya tidak menempuh upaya administratif tersebut berdasarkan eksepsi yang diajukan KPU Palopo.

"Itukan pendapat majelis hakim. Bagi saya, laporan yang dilakukan di Panwaslu, bagian dari upaya administratif yang kita juga sudah pikir matang-matang. Bahwa hakim berpendapat lain, saya hormati," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, PTTUN Kota Makassar menolak gugatan yang diajukan salah satu warga Kota Palopo, Hamsah pasca KPU Kota Palopo menolak rekomendasi Panwaslu.

"Menerima eksepsi tergugat dalam pokok perkara, dan menyatakan gugatan penggugat tidak diterima. Mewajibkan penggugat membayar biaya perkara sebesar Rp357 ribu rupiah," kata Arifin membacakan putusannya.

"Pemeriksaan perkara sudah selesai. Dan jika ternyata pihak yang bersangkutan tidak sependapat dengan keputusan pengadilan, dipersilakan menempuh upaya hukum sesuai undang-undang," tambah Hakim Ketua.